Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Kaum Disabilitas Sumbang Peningkatan Persentase Pengusaha

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_24401.jpg

    BANDUNG-Angka pengangguran terbuka warga penyandang disabilitas yang masuk kategori angkatan usia kerja di Indonesia mencapai 214,221 jiwa. Meski jumlah tersebut hanya empat persen dari total yang ada, Kementrian Ketenagakerjaan mendorong pemerintah daerah untuk terus menekan angka pengangguran dengan pendekatan inklusif melalui pelatihan keterampilan.

    "Dari data nasional tahun 2017, penduduk yang menyandang disabilitas sekitar 21 juta jiwa. Dari jumlah itu, yang termasuk angkatan kerja sekitar 11 juta atau 51,18 persen, sedangkan penyandang disabilitas yang bekerja berjumlah sekitar 10 juta atau 96,31 persen" ujar Menteri Tenaga Kerja, Muhamad Hanif Dakhiri usai acara gebyar pemberian manfaat kepada penyandang disabilitas di Pusdai, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin (8/8).

    "Bisa dilihat bahwa mayoritas warga penyandang disabilitas bekerja. Pekerjaannya di berbagai bidang. Kategori bekerja itu bukan hanya menjadi pekerja di sebuah perusahaan, tetapi ada yang berwirausaha atau di bidang jasa," sambungnya.

    Dunia wirausaha disebut sebagai sektor yang paling diminati warga penyandang disabilitas. Pasalnya, peningkatan indeks wirausaha dari 1,67 persen menjadi dua persen saat ini, tidak terlepas dari andil penyandang disabilitas yang berwirausaha.

    Ia mengakui, angka itu belum maksimal jika didasarkan pada indeks bank dunia yang standarnya minimal 4 persen. Apalagi, capaian itu masih kalah dengan negara tetangga seperti Malaysia yang bisa mencapai 5 persen, Tiongkok 10 persen, Singapura 7 persen, Jepang 11 persen dan Amerika 12 persen. (Pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus