Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Anoa Amphibious Tampil di Ajang RITECH Expo 2017

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_24426.jpg

    BANDUNG-Salah satu produksi PT Pindad, Anoa Amphibious tampil dalam pembukaan puncak peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-22 yang dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla pada 10 Agustus 2017 di Center Point of Indonesia (CPI), Makassar, Sulawesi Selatan.

    Acara juga dihadiri oleh Presiden ke-3 sekaligus Bapak Teknologi Indonesia, B.J. Habibie, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo serta pejabat lainnya.

    Direktur Utama PT Pindad, Abraham Mose mengatakan Pindad menampilkan berbagai produknya pada Research, Innovation, and Technology (RITECH) Expo 2017, pameran tahunan memperingati Hakteknas yang menampilkan berbagai hasil riset dan inovasi di bidang teknologi yang berlangsung pada 10-13 Agustus 2017 dan terbuka bagi masyarakat.

    PT Pindad yang tergabung dalam klaster National Defence and Hightech Industry (NDHI) dengan PT Dahana (Persero), PT Dirgantara Indonesia (Persero), PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero), PT Industri Nuklir Indonesia (Persero), dan PT Len Industri (Persero) menampilkan berbagai produk unggulannya bersama-sama dalam booth NDHI. 

    Dia menuturkan Anoa Amphibious adalah produk hasil penelitian dan pengembangan anak bangsa yang dibuat dengan memperhatikan kondisi geografis Indonesia yang sebagian besar wilayahnya terdiri dari perairan seperti laut, sungai dan danau. 

    "Amphibious dilengkapi propulsi dengan sistem hidrolik yang mampu bermanuver secara maksimal di perairan. Amphibious juga mampu dioperasikan di kondisi laut sea state level 1, dan selanjutnya akan diuji pada sea state level 2," katanya kepada wartawan di Bandung, Kamis (10/8/2017).

    Selain varian Amphibious, Pindad juga memiliki Ranpur Anoa berbagai tipe dengan fungsi khususnya masing-masing seperti tipe APC, Logistic, Ambulance, dan Recovery. Anoa dan kendaraan khusus lainnya seperti Komodo, Badak, Sanca dan yang terbaru medium tank, mempunyai fungsi untuk mendukung prajurit sesuai kebutuhan operasi di lapangan.

    Pindad juga menampilkan berbagai produk hasil inovasi dan produk Bisnis Pertahanan dan Keamanan (Hankam) maupun industrial terbaru. Senjata yang ditampilkan yaitu: Senjata akurasi tinggi SPR 3, Senjata tangguh yang memenangkan lomba tembak internasional SS2 V1 HB, Pistol G2 Elite, Combat, dan yang khusus didesain untuk olahraga tembak, G2 Premium dan Pistol Mag 4 (Gurun), serta senjata yang dilengkapi peredam untuk operasi khusus, SS2 V7 Subsonic. 

    Berbagai mock up atau replika produk dalam ukuran yang lebih kecil juga ditampilkan, meliputi: Kendaraan Tempur Anoa varian APC, Kendaraan Taktis Komodo Polisi, Ekskavator pertama buatan dalam negeri Pindad Excava 200, Kendaraan berdaya hancur yang dilengkapi Canon, Badak serta platform yang tangguh di perairan, Tank Boat.

    "IPTEK dan Inovasi sangat penting bagi kemajuan bangsa, aplikasinya kita terapkan di Pindad untuk menghasilkan berbagai produk kebanggaan kita, yang merupakan hasil karya anak bangsa,” pungkasnya. (MAT)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus