Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Lestarikan Seni Budaya Leluhur Jabar

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_24465.jpg

    BANDUNG-Pencak Silat merupakan salah satu kebudayaan seni Sunda yang menjadi ciri khas masyarakat Jawa Barat dan Kota Bandung khususnya yang harus terus dilestarikan keberadaannya.

    Wakil Walikota Bandung, Oded M. Danial mengatakan, sebagai masyarakat Jawa Barat harus menjaga Kesenian Pencak Silat dan Budaya Sunda yang merupakan warisan leluhur.

    "Kalau bukan kita yang melestarikannya, siapa lagi. Dan Pemerintah akan mendukung dengan memberikan bantuan anggaran agar usaha ini bisa berjalan," ucapnya.

    Menurut Oded, untuk mendukung berbagai seni dan budaya, pada bulan September mendatang akan ada rumah budaya di Cibiru yang bisa diisi kegiatan budaya pencak silat, jaipong atau bahkan pementasan-pementasan bagi warga.

    "Demi menjaga budaya dan seni Sunda agar tidak tergeser, masyarakat harus mau melestarikan dengan usaha yang lebih," kata Oded, pada acara silaturahim Paguron Pencak Silat Dharma Pusaka Panca Indra se-Kecamatan Cibiru di Lapang Volley Galidas, Kelurahan Cipadung, Kecamatan Cibiru, Bandung, Minggu (13/08).

    "Ada istilah Sunda yang berbunyi, jati tong kasilih ku junti yang artinya budaya asli sunda jangan sampai tergeser oleh budaya lain, terutama seni budaya Pencak Silat," tutur Mang Oded. (Parno)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus