Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Musuh Bersama: Illegal Fishing

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_24539.jpg

    BANDUNG–Setiap negara memiliki lautnya masing-masing, namun seringkali kapal dari negara lain ikut mengambil ikan di wilayahnya. Hal itu tidak hanya terjadi di laut Indonesia saja, namun di seluruh dunia, dan ini menjadi musuh bersama untuk dihentikan. 

    “Hal itulah saya sebut bahwa illegal fishing adalah musuh bersama,“ ujar Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti saat memberikan kuliah umum dihadapan mahasiswa baru ITB angkatan 2017-2018 di Sabuga Bandung, Jumat (18/8).

    Untuk itu menurut Susi, perlu pemahaman bersama seluruh negara di dunia terutama yang bertetangga dengan Indonesia. Sebab menurut Susi, perairan Indonesia pun banyak dimasuki kapal asing dan mencuri ikan. Sejauh ini kapal-kapal asing yang tertangkap berasal dari Tiongkok, Thailand, Philipina dan juga Malaysia serta Australia.

    Susi sendiri sudah bertemu dengan delegasi negara-negara tersebut untuk memberitahukan tentang aturan yang berlaku di Indonesia, terutama Undang-Undang Nomor 45 tahun 2009. Salah satunya mengatur dan membolehkan untuk meledakan kapal asing yang mencuri ikan di wilayah Indonesia.

    “Saya ajak makan siang, dan mereka siap mengikuti aturan di Indonesia. Kami pun menangkap kapal pencuri dan diledakan. Ini sebagai peringatan,” ujarnya.

    Tindakan tegas ini juga dilakukan oleh negara lain di dunia, karena mereka ingin melindungi sumber daya alam di wilayahnya tanpa terus dicuri oleh pihak asing. jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus