Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    1.600 Bibit Pohon Ditanam di Lahan Kritis

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_24670.jpg

    BANDUNG-Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas bekerja sama dengan Sekolah Staf dan Pimpinan Polri (SESPIMPOL) dan Yayasan Belantara melakukan kegiatan penanaman pohon di Lembang, Bandung, Jawa Barat. Pada kesempatan ini APP Sinar Mas menyediakan 1.600 bibit pohon untuk ditanam di area lahan kritis guna mencegah terjadinya bencana longsor di area perbukitan lingkungan kompleks SESPIMPOL.

    Direktur APP Sinar Mas, Suhendra Wiriadinata mengatakan lokasi penanaman yang dipilih berada di area lahan kritis, dengan tujuan penguatan tanah di area tersebut untuk mencegah terjadinya bencana longsor. Selain itu, untuk menjaga dan memelihara sumber mata air di daerah Maribaya.

    "Kami menyambut baik inisiatif yang dilakukan dalam pencegahan bencana longsor melalui kegiatan tanam pohon di lahan kritis ini. Semoga niat baik ini dapat menjadi inspirasi untuk memulihkan kembali kawasan lahan dan hutan yang kritis di Indonesia," katanya kepada wartawan, Selasa (29/8/2017).

    APP Sinar Mas juga menggandeng relawan dari Gerakan Penyelamatan Mata Air Tatar Sunda (JAGASEKE) sebagai pelaksana dalam kegiatan penanaman bibit pohon. Selain menjalin hubungan baik dengan masyarakat lokal, JAGASEKE turut menggugah kepedulian untuk menjaga dan memelihara sumber mata air di Bandung.

    Melalui dukungan yang diberikan dalam kegiatan penghijauan lingkungan di berbagai wilayah di Indonesia, APP Sinar Mas beharap dapat menumbuhkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan. Dengan demikian, masyarakat dapat memberikan kontribusi aktif terhadap pelestarian dan perlindungan hutan di Indonesia melalui skala rumah tangga yang tersebar di seluruh Indonesia.

    Sebelumnya pada April 2016 lalu, APP Sinar Mas bersama dengan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) juga telah melakukan kegiatan tanam pohon di kawasan Hutan Lindung Kampung Sukawarna daerah Lembang Bandung. Kegiatan penanaman pohon ini dilakukan di lahan terdegradasi bekas kebakaran lahan dan hutan.

    "Konsep seperti ini telah kami jalankan selama beberapa tahun terakhir, khususnya di wilayah Sumatera dan Kalimantan. Awal Agustus lalu baru saja kami terapkan di wilayah Sorek, Kerumutan, Riau. Dengan menggandeng International Tropical Timber Organization (ITTO), kami menanam 10.000 pohon meranti di lahan seluas 20 hektar," pungkasnya. (MAT)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus