Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    ITB dan Pusat Riset Kerjasama Riset Bidang Energi

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_24720.jpg

    BANDUNG-PT. Pusat Riset Energi (PRE) bekerja sama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk mengadakan penelitian dan pengembangan dalam bidang teknologi eksplorasi minyak dan gas. Kerjasama dalam bentuk riset bersama ini bertujuan untuk mendukung pertumbuhan sektor industri migas dalam negeri. 

    Kerjasama PRE-ITB ini akan menghasilkan keluaran berupa teknologi tepat guna yang mampu meningkatkan efisiensi biaya dalam kegiatan eksplorasi maupun produksi, serta meningkatkan kualitas keselamatan dan keamanan untuk lingkungan dan pekerja pada industri migas Indonesia. 

    Kerjasama PRE dengan ITB diawali dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding) yang dilaksanakan di Ruang Rapim A, Gedung Rektorat ITB Bandung. Penandatanganan Nota Kesepahaman ini mengawali rangkaian kegiatan riset bersama PRE-ITB yang akan dimulai pada September 2017- Januari 2021.
     
    Rangkaian kegiatan riset bersama PRE-ITB meliputi penelitian dalam Big Data Analysis, Drilling Automation, dan Eksplorasi Seismik.

    Tiga topik utama yang diusung dalam riset bersama ini merupakan langkah awal demi membangun infrastruktur cerdas (intelligent infrastructure) yang akan diimplementasikan pada sektor migas, baik di hulu maupun di hilir. Diharapkan dengan adanya intelligent infrastructure untuk sektor migas ini, tujuan untuk meningkatkan efisiensi biaya dan peningkatan kualitas keselamatan dan keamanan lingkungan dan pekerja pada industri migas dapat tercapai.

    Direktur PT PRE Suparto mengatakan riset akan lebih banyak dilakukan untuk bidang pengelolaan dan operasional minyak dan gas.

    "Setelah MoU ini akan ditindak lanjuti dengan pembahasan kebutuhan peneliti dan anggaran. Kerjasama ini akan ditingkatkan dengan Pertamina dan juga dengan perusahaan luar negeri di tahun kedepan," ujarnya. Jo
    Attachments area

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus