Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Usulan Dana Pilgub Jabar Tahun 2013 Berpeluang Untuk Dirasionalisasi

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/dprdjabar7.jpg

    Pemprov. Jabar, melalui usulan Raperda tentang Pembentukkan Dana Cadangan Daerah Untuk Pilgub Tahun 2013 telah mengajukan usulan dana untuk Pilgub sebesar Rp.1 trilyun. Usulan dana tersebut, berpeluang dirasionalisasi. Hal demikian, dipaparkan Anggota Komisi A DPRD Jabar, Gantira Kusumah dalam keterangannya kepada jabarprov.go.id (13/6).

    Menurut Gantira, usulan dana untuk Pilgub sebesar Rp. 1 trilyun berpeluang dilakukan rasionalisasi. Hal yang menjadi pertimbangannya, dari sisi jumlah, usulan dana tersebut dinilai sangat besar, sehingga jika usulan tersebut diakomodir, dikhawatirkan pengalokasikan dana Pilgub kurang mematuhi prinsif penyusunan anggaran yaitu prinsif efisiensi.

    Rasionalisasi dalam proses penganggaran Pilgub, bisa dilakukan dengan berbagai hal diantaranya mengefisienkan metode sosialisasi Pilgub dan lamanya waktu kampanye. Solusi untuk mengefisienkan metode sosialisasi, dapat dilakukan dengan mengurangi sosialisasi dengan mempergunakan baligo-baligo besar. Untuk proses sosialisasi tersebut dapat dilakukan dengan mempergunakan media seperti desain kertas dalam ukuran yang tidak terlalu besar.

    Selanjutnya, solusi untuk masa kampanye, sebaiknya dapat dilakukan dalam waktu 2 minggu saja, jangan mencapai di atas 1 bulan sebagaimana diusulkan oleh pihak Pemprov. Jabar. Pengurangan waktu kampanye untuk kepentingan pasangan calon Gubernur/Wagub dinilai realisitis karena sosialisasi calon biasanya dilakukan lebih banyak oleh parpol pengusung.

    Untuk hitungan usulan waktu 1 bulan, ujar Gantira sebaiknya 1 minggu untuk persiapan kampanye, 2 minggu untuk masa kampanye dan 1 minggu untuk masa tenang. (Nur)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus