Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    4 Juta Keluarga di Jabar Buang Tinja Sembarangan

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_24852.jpg

    BANDUNG-Sarana Mandi, Cuci dan Kakus (MCK) merupakan sarana vital bagi kehidupan manusia dan pemukiman harus bersih karena salah satu landasannya sarana MCK harus dimiliki dengan standar kesehatan.

    Menurut Anggota Komisi VIII DPR-RI, Maman Imanul Haq, jika rumah tidak memiliki MCK maka satu keluarga bisa mengalami dampak buruk dari kesehatan, terutama terkait dengan pembuangan tinja manusia.

    "Korban paling berbahaya dari kotoran manusia dan limbah adalah anak-anak balita dan ibu rumah tangga," ucap Maman, dalam sebuah diskusi di Sindangreret, Jl. Surapati No.53 Bandung, Selasa (12/09).

    Maman menyatakan, berdasarkan Data Statistik Kesejahteraan Jawa Barat 2016, mencatat sekitar 4.351.031 juta atau sekitar 34,56 persen keluarga di Jabar membuang tinja tanpa sarana WC yang memadai.

    "Jika dihitung dengan jumlah orang terdapat sekitar 16.359.878 yang buang air besar di sembarang tempat seperti di sawah, sungai, danau, tanah, kebun," ucapnya.

    Oleh karena menurut Maman, MCK menjadi bagian penting dari sanitasi karena tinja yang dibuang sembarang bisa berdampak tersebarnya bakteri Escherichia Coli, yang bisa membawa penyakit diare yang menimbulkan dehidrasi dan dampak luasnya adalah anjlognya kekebalan tubuh seseorang sehingga mudah terserang penyakit.

    "MCK dan sanitasi merupakan sarana vital bagi kesejahteraan keluarga, tapi kalau tidak tercapai akan berdampak secara signifikan pada kesejahteraan keluarga," katanya. (Parno)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus