Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    SPLU Songsong Kendaraan Energi Listrik

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_24873.jpg

    BANDUNG (14/9) - Perkembangan kendaraan listrik semakin diterima di Indonesia dan mendapat dukungan dari Pemerintah. Jauh sebelum itu, PLN telah melihat tantangan ini dan mendukung perkembangan teknologi ramah lingkungan ini dengan menyediakan infrastruktur yang diperlukan, salah satunya berupa Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU).

    Menurut GM Distribusi PLN Jawa Barat Iwan Purwana, satu saat kendaraan listrik pasti datang, dan PLN siap menyediakan suplai listriknya di area publik.

    "Sekarang baru SPLU kecil, ke depan dengan teknologi yang sama kita siap menyediakan atau membuat SPLU yang lebih besar dan lebih banyak untuk menyongsong kehadiran motor atau mobil listrik" ujarnya.

    SPLU untuk kebutuhan kendaraan listrik menurut Iwan tak ubahnya seperti SPBU untuk kendaraan berbahan akar minyak atau BBM. Pemakaian SPLU oleh kendaraan hitungannya juga sama seperti SPBU pada umumnya yang menggunakan meteran penghitung.

    "Bedanya, kalau SPBU dalam hitungan liter yang digunakan, sedangkan SPLU nantinya dalam hitungan KWh yang digunakan selama mobil atau motor itu dicharge" ungkap Iwan.

    Iwan juga menambahkan, penggunaan listrik untuk kendaraan bertenaga listrik hitungannya jauh lebih murah dibanding dengan BBM. 1 KWh meter saat ini  tarifnya masih di bawah Rp 2000, sedangkan BBM mulai dari Rp 6000 hingga Rp 9000 per liter. (Pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus