Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Menteri Tifatul Sembiring, Buka Resmi Forum Ke-7 E-Indonesia Initiative (EII)

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/pa-mentri.jpg

     

    Pemerintah saat ini sedang melaksanakan tahap akhir dari pembangunan Palapa Ring yang nantinya dapat  menghubungakan Wilayah Timur Indonesia, yaitu  Papua, Maluku, dan sebagian Sulawesi). Diharapkan, dengan adanya Palapa Ring ini digital divide di Indonesia bisa teratasi. Selain itu, broadband di Indonesia dapat dimanfaatkan lebih banyak masyarakat Indonesia. Hal demikian disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika Tiffatul Sembiring, hari ini, Selasa (14/6) ketika menyampaikan arahan dalam pembukaan Forum  E-Indonesia Initiatives (EII) berempat di Aula Barat ITB Bandung. 
     
    Menurut Tifatul, sebenarnya Indonesia tidak kalah dari negara lain dalam hal sumberdaya manusia yang dapat menguasai teknologi jaringan dan informatika. Tifatul mencotohkan tentang pembangunan 2G, 3G, 4G dan bahkan 5G. Semua system itu, dibangun oleh ahli telekomunikasi  dari Indonesia. Jadi, kita bisa bersaing dengan mereka dan mungkin bisa lebih unggul, jelasnya.
     
    Menteri Tifatul menaruh harapa besar pada rencana forum untuk membangun Eko System Broadband dan Merancang computasi awan Indonesia. “Dengan system ini, merupakan solusi yang efektif dan efisien bagi masyarakat Indonesia, karena dengan satu paket layanan maka akan didapatkan banyak service seperti : internet, telephone, TV digital dan berbagai aplikasi tentang iklim, dan cuaca”, harapannya”.
     
    Dibagian lain arahannya, Menteri Tifatul menyinggung pula tentang perlunya mengkampanyekan penggunaan “Internet Sehat”. Internet sehat diutama bagi keluarga dan anak-anak. Untuk implementasinya, pihak Depkominfo telah membangun suatu aplikasi yang dapat memfilter dengan nama Nawala Filter. Kendatipun demikian, aaplikasi tersebut belum sepenuhnya aman dan karenanya, filter yang sangat baik adalah dari pihak keluarga itu sendiri.
     
    Forum yang berlangsung selama dua hari ini, yaitu dari 14 sd 15 Juni, menurut Ketua Panitia, Dr. Suhono harso Supangkat akan membahas tentang bagaimana Membangun Ekosystem Broadband dan Merancang Komputasi Awan Indonesia, melalui panel-panel diskusi, serta dari presentasipresentasi para ahli.
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus