Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pesawat N219 Sebagai Solusi Logistik Udara

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_25111.jpg

    BANDUNG - Menteri BUMN, Rini M. Soemarno berkunjung ke PT Dirgantara Indonesia (Persero) (PTDI) untuk melihat perkembangan PTDI saat ini juga untuk meninjau pesawat N219 yang akan menjadi solusi distribusi logistik nasional untuk mendukung program tol logistik nasional. Kunjungan berlangsung Minggu (1/10).

    Menurutnya sistem distribusi logistik yang terintegrasi, efektif dan efisien akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dalam rencana penyelengaraan angkutan perintis barang Kementerian Perhubungan, ada beberapa skema yang dapat membantu pendistribusian logistik di Papua dan Papua Barat.

    Salah satunya dengan menggunakan Jalur Tol Laut, logistik yang diangkut, seperti sembako, BBM (Bahan Bakar Minyak), dan semen dari Pulau Jawa menuju Timika, Papua, dapat menggunakan Kapal Ferry yang dioperasikan oleh PT Pelni (Persero) atau BUMN lain penyelenggara angkutan logistik.

    Program tol laut selama ini dinilai masih belum mampu menjangkau distribusi barang hingga ke daerah pegunungan Papua. Disparitas harga masih terjadi di kawasan yang hanya bisa diakses dengan transportasi udara mengingat masih banyaknya Kota dan Kabupaten di Papua dan Papua Barat yang hanya bisa dijangkau dengan transportasi udara karena keterbatasan akses jalur darat dengan kondisi bandara yang terletak pada elevasi yang cukup tinggi dengan panjang landasan ± 600 m.

    N219 yang secara khusus dirancang untuk daerah pegunungan Papua diharapkan dapat mendukung program Jembatan Udara sesuai dengan Peraturan Presiden no. 70 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Kewajiban Pelayanan Publik Untuk Angkutan Barang Dari Dan Ke Daerah Tertinggal, Terpencil, Terluar, Dan Perbatasan dan menjadi solusi untuk membuka aksesibilitas dan konektivitas wilayah terpencil dan tertinggal di pegunungan Papua. Jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus