Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Operator Pengelolaan Limbah Industri Harus Bersertifikat

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_25255.jpg

    KAB.BANDUNG-Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung Asep Kusumah, S.Sos.,M.Si mengajak operator pengelolaan  libah untuk bermitra. Hal itu terungkap dalam acara Sosialisasi Prosedur Penegakan Hukum Lingkungan yang digelar dinAula kecamatan Majalaya, senin (9/10).

    Asep meyakinkan , bahwa persoalan  limbah yang dihasilkan oleh beberapa industri, dinilai berasal dari inkonsistensi bertingkat dari kasus pemilik perusahaan itu sendiri.

    "Permasalahan limbah terjadi, selain disebabkan inkonsistensi para pemilik perusahaan, juga di tataran pelaksanaan, baik di level direksi, direktur  ataupun di operator limbah, makanya kita ajak operator itu untuk bermitra," ucap asep.

    Asep mengurai, selama ini pihaknya sudah berupaya keras menegakkan hukum  tentang pengelolaan lingkungan. Namun dalam kenyataannya masih saja ada perusahaan yang belum menyampaikan laporannya.
     
    "Kalo kita lihat, dari runtutan peristiwa yang kit upayakan, dokumen lingkungan  kita kawal, perijinan intalasi, SOP kita kawal, tapi  masih terjadi pelanggaran. berarti ini persoalan inkonsistensi," pungkasnya.

    Salah satu faktor kunci pengelolaan limbah yakni operator Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) kata Asep, operator tersebut lanjutnya, akan kita mintakan data secara pasti, mana Operator di masing-masing perusahaan.

    "Nanti kita akan berikan pemahaman terkait hak dan kewajiban mereka, baru kemudian nantinya mereka menjadi mitra untuk terus bertukar informasi  secara berkelanjutan  dengan kita. Jadi ketika ada masalah limbah lagi, kita langsung  bisa menginformasikan pada operator itu," imbuh Dia.

    Asep menambahkan, sekitar 216 perusaahan sudah tercatat dan kemungkinan sudah ada 216 operator pengelolaan IPAL. hanya dari pantauan  selama ini suka ada pergantian operator yg tidak dilaporkan.

    Pada kesempatan tersebut dilakukan juga penandatangan komitmen pengelolaan lingkungan, antara pemerintah Kabupaten Bandung dengan  42 perusahaan penghasil limbah yang berada disegmentasi Majalaya.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus