Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Tenaga Kependidikan Harus Punya Kompetensi

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita

    BANDUNG-Perguruan tinggi saat ini berperan tidak hanya sebagai penyedia keilmuan dan riset, tetapi berkontribusi dalam pembangunan ekonomi dan transfer keilmuan dan riset ke masyarakat.

    Staf Ahli bidang Akademik Kemenristekdikti Prof. Paulina  mengatakan pemerintah mendorong perguruan tinggi menjadi satu pilar untuk meningkatkan daya saing bangsa.

    “Kalau kita ingin pendidikan tinggi kita bermutu, maka menjadi tanggung jawab bersama,” ujarnya melalui siaran pers Humas Unpad, saat berbicara dalam “Konferensi dan Seminar Nasional Jabatan Fungsional” di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Kamis (12/10).

    Karena menjadi tanggung jawab bersama, tenaga kependidikan berperan penting dalam menjaga mutu pendidikan tinggi. Prof. Paulina mendorong tenaga pendidikan mampu meningkatkan relevansi kualitas dan kuantitas. Posisi ini bukan sekadar pekerja administratif di lingkungan perguruan tinggi, namun berkontribusi dalam kegiatan pendidikan dan pembelajaran.

    Di sisi publikasi ilmiah, tenaga kependidikan juga berperan dalam memudahkan aktivitas riset dan publikasi dosen. Prof. Paulina berpendapat, dukungan di bidang regulasi, informasi, dan administrasi akan memudahkan peran dosen dalam melakukan penelitian.

    Kompetensi ini didapat tenaga kependidikan bukan hanya dari jenjang pendidikan, tetapi dari pengalaman, mentoring, dan modeling. Ia mengatakan, kompetensi ini bergantung pada komitmen setiap tenaga kependidikan, institusi, dan komunitas profesinya.

    Konferensi dan seminar nasional ini pertama kali digelar di Indonesia dan difasilitasi oleh seluruh tenaga kependidikan Unpad. Saat membuka konferensi, Rektor Unpad Prof. Tri Hanggono Achmad mengapresiasi digelarnya acara yang murni dikelola oleh tenaga kependidikan ini.

    Melihat tantangan global saat ini, tenaga kependidikan diharapkan dapat mengantisipasi berbagai perubahan di level pendidikan tinggi. Rektor berharap, tenaga kependidikan tidak sekadar hanya merepons, namun memiliki inisiatif untuk mengantisipasi sekaligus membayangkan tantangan apa yang muncul ke depannya.

    “Tenaga kependidikan menjadi salah satu pilar penting penggerak perubahan. Diharapkan konferensi ini dapat memberikan masukan terkait kebijakan jabatan fungsional tertentu kepada pemerintah,” tuturnya. jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus