Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    DEMIZ : Nelayan Harus Lengkapi Administrasi Kependudukan

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_25338.jpg

    CIREBON-Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar meminta nelayan untuk melengkapi administerasi, baik kependudukan maupun administerasi lainnya. 

    Demiz sapaan akrab Deddy Mizwar mengatakan, administrasi merupakan hal penting dalam menjamin nelayan untuk bisa mendapatkan berbagai program pemerintah. 

    Dia mencontohkan, saat ini pemerintah mempunyai program penggantian alat pancing yang ramah lingkungan yang hanya bisa diberikan kepada nelayan yang telah terdaftar.

    "Ada juga asuransi nelayan. Untuk mempunyai asuransi, nelayan harus mempunyai kartu nelayan," tutur Demiz saat penyaluran bantuan dan penyaluran alat pancing ramah lingkungan pengganti dari Kementerian Kelautan dan Perikanan di Cirebon, Kamis (12/10).

    Dia mengungkapkan, di Jawa Barat terdapat sekitar 100.000 nelayan, namun yang telah terdaftar dan mempunyai kartu nelayan baru sekitar 57.000 orang saja. 

    Padahal kata Demiz, lebih dari 90% kapal nelayan di Jawa Barat dibawah 5 GT yang mana mereka tidak perlu mengajukan izin melaut untuk menangkap ikan, namun hanya tinggal mendaftarkan kapalnya saja sebagai persyaratan pendaftaran nelayan. 

    "Daftarkan perahu beserta awaknya, gratis tidak harus bayar dan manfaatnya banyak, bisa mendapatkan bantuan juga bisa mengikuti asuransi," ujarnya. 

    Dia berharap agar nelayan yang telah terdaftat untuk mengajak nelayan lain supaya mendaftarkan diri dan melengkapi admimisterasi. 

    "Yang telah mempunyai asuransi juga harus mempunyai administrasi kependudukan, supaya kalau ada apa-apa, ahli waris bisa melakukan klaim tanpa ada masalah," tegasnya. (Pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus