Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Kantor Kemenag Buka Layanan Pendaftaran Haji Satu Atap

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_25523.jpg

    BANDUNGKAB-Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bandung kini membuka Pelayanan Pendaftaran Haji Satu Atap yang diresmikan Bupati Bandung H. Dadang M. Naser pada hari Kamis (26/10).

    Bupati mengatakan penyelenggaraan ibadah haji harus mendapat pembinaan, pelayanan dan perlindungan dengan menyediakan fasilitas, kemudahan dan kenyamanan melalui sistem dan manajemen penyelenggaraan yang baik.

    “Saya sangat mengapresiasi langkah yang diambil Kemenag, karena dengan sistem satu atap ini masyarakat bisa satu kali daftar, tidak perlu bolak balik mengurus pengadministrasian, disamping memudahkan juga menyamankan masyarakat karena keamanannya terjamin, uang pendaftaran langsung masuk rekening bank,” ucap Dadang Naser.

    Penyelenggaraan rukun Islam yang ke-lima ini, lanjutnya, merupakan salah satu program prioritas pembangunan bidang agama dan diposisikan sebagai salah satu indikator kunci kinerja Kementerian Agama.

    “Peningkatan penyelenggaraan ibadah haji dari tahun ke tahun tidak terlalu terlihat, sehingga masih perlu dilakukan upaya-upaya seperti halnya yang dilakukan Kemenag hari ini,” katanya.

    Dalam pelayanan baru ini Kemenag bekerja sama dengan Bank CIMB Niaga Syariah, Bank Permata Syariah dan Bank Panin Dubai Syariah. Akan tetapi, ucapnya, tidak menutup kemungkinan bagi masyarakat yang ingin mendaftar melalui bank lain.

    “Masyarakat diperbolehkan mendaftar lewat bank syariah manapun, hanya untuk memudahkan Kemenag sudah bekerjasama dengan 3 bank ini, dan diharapkan uang pengembaliannya bisa langsung melalui Kemenag, satu lagi tolong mendaftar sendiri dan hindari calo dan oknum yang pastinya akan merugikan,” imbuhnya.

    Adanya pelayanan satu atap ini tidak akan mematikan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) yang sudah ada.

    “KBIH silakan untuk terus membimbing dan membina sejak awal, baik membina mental, maupun membina persyaratan administrasi yang dibutuhkan para calon jama’ah haji,” pungkasnya.

    Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bandung Drs. H. Dah Saepuloh, M.MPd. menambahkan masyarakat yang mendaftar haji ke Kemenag rata-rata mencapai 50 orang per hari.

    “Animo masyarakat Kabupaten Bandung untuk menjalankan ibadah haji ini sangat tinggi, ini menjadi indikator peningkatan kesejahteraan masyarakat dari tahun ke tahun,” kata Dah Saepuloh.

    Dengan tersedianya layanan satu atap ini, Dah mengatakan proses pendaftaran haji menjadi lebih cepat dari sebelumnya. Dia berharap KBIH dapat memanfaatkan semaksimal mungkin fasilitas yang memudahkan ini.

    “KBIH adalah mitra Kemenag, jadi Saya berharap KBIH mendukung langkah yang diambil Kemenag karena hak-hak KBIH tidak akan hilang ketika mendaftarkan calon jama’ah hajinya di pelayanan satu atap ini,” tutup Dah.

    Acara Peresmian Pelayanan Pendaftaran Haji Satu Atap ini juga dihadiri olehnAnggota DPRD Kabupaten Bandung H. Sugiyanto dan Agus Syamsul Wahid, Kepala Bidang Haji dan Umroh Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Barat Drs. H. Ajam Mustajam, M.Si., Kepala Region Jabar Permata Bank Singso Setiono, Kepala Region Jabar CIMB Niaga Verry Setiawan, Ketua DWP Kemenag Kabupaten Bandung Rahmi Baroroh Saepuloh, Pimpinan Cabang Bank CIMB Niaga Syariah Hj. Murni Hernawati, Pimpinan Cabang Bank Permata Syariah Muh. Husni H.S., Pimpinan Cabang Bank Panin Dubai Syariah Hj. Mayangsari, Camat Baleendah Drs. Cep Azis, M.Si. beserta unsur Muspika, Para Kepala KUA se-Kabupaten Bandung, Para Penyuluh dan Pengawas Agama  Islam serta Para Ketua KBIH.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus