Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pentingnya Komitmen Masyarakat Meningkatkan Kesehatan dan Kesejahteraan

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_25716.jpg

    Kab Garut - Bupati Garut H. Rudi Gunawan mengatakan pentingnya komitment masyarakat dalam meningkatkan kesehatan dan kesejahtraan masyarakat. Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita Keluarga Sejahtera (P2WKSS) merupakan salah satu program pemerintah pusat  yang diselenggarakan  dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas hidup perempuan pada aspek pendidikan, kesehatan dan daya beli masyarakat terutama bagi keluarga miskin.

    Hal tersebut disampaikan bupati saat menerima Tim Evaluasi P2WKSS Provinsi Jawa Barat, di Desa Panyindangan Kecamatan Cisompet, Garut, Selasa (7/11/2017). Turut hadir dalam penerimaan tim, Ketua TP PKK Kabupaten Garut Ketua TP. PKK Hj. Diah Kurniasari, Sekretaris Daerah Kabupaten Garut H. Iman Alirahman, SH., M.Si, Camat Cisompet Titin W, S.sos para Kepala SKPD dan tokoh masyarakat setempat.

    Lebih lanjut Bupati Rudy mengatakan di Garut hingga kini masih terdapat 35 ribuan rumah tidak kayak huni yang perlu penanganan serius. “Dalam empat tahun terakhir ini  kami telah membangun sepuluh ribu rumah tidal layak huni”, ujar Rudy dihadapan tamu yang hadir.

    Salah satu upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, bupati mengingatkan agar masyarakat selalu melaksanakan gerakan masyarakat sehat, seperti makan buah- buahan, berolahraga secara teratur, serta memeriksa kesehatan secara berkala.

    Dalam kesempatan tersebut bupati memberikan bantuan bronjong berbentuk anyaman bambu untuk tanaman sebagai salah satu upaya dalam penguatan ekonomi masyarakat.

    Desa Panyindangan di Kecamatan Cisompet terletak di sebelah barat berbatasan dengan desa linggamanik Kecamatan Cikelet, sebelah selatan berbatasan dengan Desa Bojong Kecamatan Pameungpeuk, sebelah timur Desa Sukanagara Kecamatan Cisompet  dan sebelah utara Desa Margamulya. Berada di ketinggian 200-700 Meter Diatas Permukaan Laut (MDPL). Berpenduduk  5.300 an lebih dengan luas wilayah 1.150 hektar, tersebar di  4 dusun dan 38 RT.

    Meski potensi alamnya begitu kaya, sayang tidak ditunjang dengan sumber daya manusianya. Hampir 75 persen penduduknya hanya tamatan sekolah dasar, bahkan 2,5 persennya tidak tamat sekolah dasar.

    Meurut Kepala Desa Panyindangan, Indra Pirman, masalah kesejahteraan sosial desanya didominasi oleh masalah keluarga miskin tidak kurang dari 648 jiwa. Sedangkan jumlah pencari kerja sebanyak 425  jiwa. Dari sisi transportasi, imbuhnya, dari jalan sepanjang 22 km masyarakat hingga kini memanfaatkan jasa ojeg, sedangkan  jalur menuju ibu kota kabupaten menggunakan kendaraan trayek umum elf.

    Tentu saja kondisi memprihatinkan ini menggugah pemerintah Desa Panyindangan untuk bangkit mengejar ketertinggalan dari desa lain di Kabupaten Garut. Didukung Pemerintah Kecamatan Cisompet dan Pemerintah Kabupaten Garut, secara perlahan gairah desa ini semakin terasa,  apalagi dengan hadirnya Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) tahun 2017.

    Hasilnya, masyarakat Desa Panyindangan terlihat berubah setelah disentuh program P2WKSS yang secara terpadu didukung SKPD, masyarakat dan dunia Osaha serta organisasi-organisasi kemasyarakatan turut mebdedah desa ini.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus