Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Jabar Kontributor Terbesar Ketahanan Pangan Nasional

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_25763.jpg

    KAB.BOGOR-Provinsi Jawa Barat dinilai masih menjadi kontributor terbesar dalam pencapaian swasembada pangan nasional dan penyedia stok beras nasional.

    Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi, saat menghadiri peringatan Hari Pangan Sedunia ke-37 tingkat Jabar di area Stadion Pakansari Cibinong Bogor, Kamis (09/11/2017).

    "Kami bercita-cita tahun 2045 Indonesia sebagai lumbung pangan dunia dan saya yakin saat ini Jawa Barat adalah kontributor terbesar untuk pencapaian swasembada pangan kita," kata Agung.

    Menurut catatannya, Jabar adalah penyangga pangan terbesar untuk DKI Jakarta. Sekitar 25-30 persen protein hewani nasional juga dihasilkan dari Jabar dan menyumbang 40 persen komoditas holtikultura nasional.

    "Dan yang tidak kalah pentingnya Jabar adalah penyumbang beras nasional terbesar, tidak hanya itu tapi juga stok pangan nasional dalam hal ini beras. Apresiasi dari kami bagi pemerintah daerah dan para pelaku pertanian di Jabar," tuturnya.

    Ia pun bangga para pelaku pertanian saat ini didominasi oleh generasi muda.

    "Kita melihat begitu banyak generasi muda yang telah menghasilkan produk-produk pangan berkualitas yang dipamerkan disini, ini sangat membanggakan," ungkapnya.

    Menurutnya, peringatan HPS ke-37 tingkat Jabar ini harus menitik beratkan bahwa pembangunan pedesaan dapat dijadikan salah satu upaya memberdayakan generasi muda dengan berbagai usaha produktif dibidang pertanian secara modern dan inovatif sehingga terwujud Indonesia sebagai lumbung pangan dunia.

    Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) yang secara langsung membuka peringatan HPS ke-37 tingkat Jabar ini mengatakan, peringatan tersebut bukan hanya semata-mata bersifat seremoni, tetapi lebih kepada membangkitkan semangat dan komitmen untuk terus membangun ketahanan pangan.

    "Tidak hanya ketahanan pangan tapi juga kedaulatan karena pangan yang dihasilkan harus berasal dari kita sendiri," katanya.

    Potensi pangan terbesar khususnya pangan pokok yaitu beras berada di kawasan Jabar bagian utara. Disitu terkumpul sebanyak 80 persen sawah basah dan sisanya di kawasan tengah dan selatan Jabar.

    "Jadi dalam konteks ketahanan pangan berbasis pokok pangan itu sebagian besar di utara," kata Aher.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus