Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Konstruksi TPPAS Nambo Tunggu Kesepekatan Jual Beli Sampah

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_25860.jpg

    BANDUNG—Proses konstruksi pembangunan Tempat Pengolahan dan Pemrosesan Akhir Sampah (TPPAS) Regional Nambo, Bogor menunggu kesepakatan pembiayaan pemenang lelang dan PT Indocement. 

    Sekda Jabar Iwa Karniwa mengatakan, saat ini sejumlah perkembangan positif ditunjukan di lapangan dimana pemenang lelang PT Jabar Bersih Lestari (PT JBL) tengah menyelesaikan persoalan pembiayaan dengan PT Indocement yang akan membeli hasil pengolahan sampah Nambo. “Soal financial closing harus diselesaikan, tapi perkembangannya positif,” katanya dihubungi wartawan, Rabu (15/11).

    Menurutnya, Pemprov Jabar kini tinggal menunggu kesepakatan pembelian hasil sampah tersebut karena sudah masuk ranah bisnis ke bisnis. Namun Iwa mengaku, pihaknya meminta agar PT JBL menjual dengan harga yang wajar pada PT Indocement. “Harga yang wajar untuk keduanya, kami tidak ikut campur tapi sudah meminta agar segera didapatkan kesepakatan,” paparnya.

    Iwa memastikan, pembicaraan kedua belah pihak ditargetkan bisa rampung dalam waktu dekat atau paling lambat tuntas pada Desember 2017 ini. Penuntasan ini nantinya akan dilanjutkan dengan proses konstruksi oleh PT JBL. “Ini agar Bogor Raya segera bisa memiliki tempat penanganan sampah berstandar internasional,” ujarnya. 

    Hasil sampah yang dibeli PT Indocement sendiri berbentuk  Refuse Derived Fuel (RDF) yang merupakan sampah kering yang akan menjadi bahan baku semen. Iwa menuturkan harga jual RDF diharapkan wajar agar tipping fee kabupaten/kota yang memanfaatkan Nambo lebih rendah. “Semua pihak harus dalam posisi win win,” tuturnya. (Pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus