Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Penanganan Masalah Citarum Perlu Dikoordinir Kodam III Siliwangi

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_25932.jpg
    Saat Bupati Dadang Naser kunjungi pengungsi di Baleendah

    BANDUNGKAB-Bencana banjir di Kabupaten Bandung terjadi rutin tiap tahun. Hal tersebut menurut Bupati Bandung H.Dadang M.Naser, bukan lagi menjadi  bencana nasional, tapi sudah international. Untuk itu, kata Bupati dalam upaya koordinatif semua wilayah dan elemen, Kodam III Siliwangi dianggap yang paling pantas.

    "Dalam rangka operasi militer selain perang, Saya kira Kodam III Siliwangi cocok untuk mengkoordinasikan kami semua antar Pemerintah Daerah, Sumedang, Garut, Kota Bandung dan unsur lainnya. Selama ini kami masing-masing berbuat, tapi tidak komprehensif. Tapi jika dikoordinasikan siapa berbuat apa, grand desainnya untuk penyelesaian masalah Citarum bagaimana. Tentu sedikit demi sedikit bisa teratasi," ungkap Bupati usai melakukan peninjau banjir di lokasi pengungsian Gedung SKB Kecamatan Baleendah, Minggu, (19/11).

    Pada kesempatan itu, perlunya komando Kodam III Siliwangi sebagai koordinator,  Bupati juga menjelaskan secara teknis, dalam penanganan banjir yang disebabkan oleh Sungai Citarum, sebetulnya ada beberapa kewenangan selain unsur pemerintahan.

    "Banjir terus berulang dan sampai saat ini belum terselesaikan secara signifikan. Sebetulnya di sini ada beberapa kewenangan dalam penanganan, tapi belum komprehensif dan belum terselesaikan secara signifikan. Kewenangan dimaksud, seperti BBWS, Pemerintah Provinsi, pihak Perhutani dan Perkebunan di hulu, juga pihak LSM. Ini perlu diselesaikan bersama  dengan melibatkan pihak militer," kata Bupati Bandung.

    Untuk penanganan sungai Citarum lanjutnya, tercatat ada beberapa anggaran-anggaran dan program Pemprov yang bisa didesain dengan Kodam III Siliwangi. "Di negara maju, tentara diturunkan bukan saja khusus untuk operasi militer saja tapi selain perang bisa juga menyelesaikan soal bencana, anggaran dan programnya bisa didesain bersama pemerintah provinsi," ucapnya.

    Pada kesempatan itu, Bupati juga melakukan peninjauan ke beberapa tempat pengungsian, seperti gedung inkanas dan gedung SKB di Baleendah, didampingi Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bandung Drs.H.Tata Irawan, Camat Baleendah dan pihak Dinas Sosial.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus