Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pemda dan Masyarakat Tingkatkan kewaspadaan

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_25982.jpg

    BANDUNG- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menghimbau kepada Pemerintah Daerah (Pemda) dan masyarakat untuk terus meningkatkan kewaspadaan menghadapi kemungkinan terjadinya bencana, baik banjir maupun pergerakan tanah atau longsor. 

    Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, meminta kepada masyarakat yang tinggal di daerah rawan banjir maupun pergerakan tanah harus waspada terhadap ancaman bencana yang bisa datang secara tiba-tiba.

    "Kenali lingkungan sekitarnya, jika di bagian hulu atau di daerahnya hujan deras hendaknya waspada, masyarakat perlu melakukan pemantauan lingkungan sekitar akan tanda-tanda longsor seperti adanya retakan, amblesan tanah, mata air berubah keruh, tiang listrik atau pohon menjadi miring, dan lainnya," tuturnya.

    Menurut Sutopo, bagi masyarakat yang ingin mengetahui peta rawan banjir dapat diakses di website BNPB sementara untuk peta rawan longsor dapat diakses di website Badan Geologi dan lrediksi cuaca dapat diperoleh dari BMKG. 

    "Hendaknya peta dan informasi tersebut dijadikan dasar bagi pemda dan aparat untuk memberikan informasi, sosialisasi dan peringatan dini kepada masyarakat," kata Sutopo, melalui rilis yang diterima www.Jabarprov.go.id, Selasa (21/11). (Parno)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus