Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Bupati Pimpin Rapat Koordinasi Penanganan Bencana

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_26042.jpg

    Setelah sehari sebelumnya meninjau beberapa titik lokasi banjir yang melanda 5 desa di Kecamatan Jatinangor, Bupati Sumedang H. Eka Setiawan langsung menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Penanganan Banjir yang dilaksanakan di Hotel Puri Khatulistiwa, Jumat (24/11/2017). Rakor ini bertujuan untuk mensinergikan upaya pemerintah kabupaten Sumedang dalam upaya penanganan bencana banjir yang terjadi di beberapa wilayah di kecamatan Jatinangor.

    Hadir dalam kesempatan tersebut Asisten Pemerintahan Endah Kusyaman, Asisten Pembangunan Amim, Kepala BPBD Ayi Rusmana, Kepala BPKA Uus Sundawan, Kepala Dinas perumahan kawasan Pemukiman dan pertanahan Gungun Guntara, Camat Jatinangor Syarif Efendi Badar, Forum Koordinasi kecamatan jatinangor, para kepala Desa di kecamatan jatinangor, Unsur dinas Sosial & perlindungan perempuan, dinas kesehatan, Bappeda, dan Tagana kabupaten Sumedang.

    Sejumlah arahan disampaikan Bupati Eka, salah satunya adalah mengenai pengalokasian anggaran untuk penanganan bencana dalam struktur APBD tahun 2018 yang akan datang. 

    “Alokasi anggaran untuk bencana harus tercantum dalam struktur anggaran 2018, sehingga ketika terjadi bencana kebutuhan yang diperlukan oleh warga seperti kebutuhan sembako maupun kebutuhan lainnya dapat segera disalurkan” ujarnya Kaitan dengan penanganan pasca bencana banjir, Bupati Eka menjelaskan bahwa saat ini perlu perbaikan beberapa infrastruktur yang rusak “Saya lihat dilapangan selain drainase yang kurang baik, juga ada tanggul yang jebol kurang lebih sekitar 300 M sehingga mengakibatkan banjir yang mencapai 3 meteran, ini merupakan hal mendesak yang harus segera ditangani untuk mengantisipasi terjadinya banjir. 

    Saya sudah melakukan pendekatan dengan kementerian PU dengan membuat surat untuk penanganan banjir dirancaekek, dan alhamdulilah saat ini sudah dalam proses tender, berupa pembuatan saluran semi permanen” pungkasnya Sementara itu, Camat Jatinangor Syarif Effendi badar menyampaikan laporannya kepada Bupati mengenai perkembangan terakhir kondisi di wilayahnya. Menurutnya saat ini permukaan Cikeruh relatif stabil hanya perlu penanganan lebih lanjut. 

    “Sebagai antisipasi disamping bantuan diberikan kepada masyarakat, pada saat kejadian terutama beberapa jam setelah kejadian yang diperlukan adalah alat-alat pembersih seperti Scangkul, kop dll karena biasanya genangan air tidak sampai beberapa hari tapi dalam hitungan jam air kembali surut dan jika tidak segera dilakukan pembersihan lumpurnya akan mengendap” ujarnya.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus