Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Budaya ‘Samen’ Masih Langgeng

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/Budaya-‘Samen’-Masih-Langgeng.jpg

     

    KAB. BANDUNG – Tradisi atau kebiasaan untuk menggelar acara hiburan atau apresiasi seni ketika melepas lulusan anak kelas 6 Sekolah Dasar (SD) hingga kini masih banyak dilakukan, terutama di Kabupaten Bandung. Minggu-minggu ini beberapa SD menggelar ‘Samen’ sebagai tanda perpisahan kelas 6, yang baru lulus selesai menempuh pendidikan selama 6 tahun di SD. Seperti terlihat di SDN Manggahan 2 Kecamatan Baleendah, Selasa (28/6). Berbagai jenis hibran panggung pun digelar. Tidak terkecuali tari-tarian tradisional.
     
    “Ini memang tradisi, atau bahkan sudah menjadi semacam keharusan jika perpisahan kelas 6, kami selalu menggelar hiburan. Kalau tidak, rasanya ada yang kurang aja gitu” ujar Limi Ruliah, salah seorang guru SDN Manggahan 2 Baleendah.
     
    Beberapa anak SD dari kelas 1 hingga kelas 6 tampak menampilkan berbagai hiburan seperti tari tradisional Tari Merak.
     
    “Ini kebanyakan inisiatif dari orang tua murid sendiri yang ingin menampilkan keterampilan anaknya. Kami tinggal menyediakan sarana dan prasarananya saja seperti panggung dan sound system. Yang melatihnya juga kebanyakan dari orang tua murid sendiri, jadi partisipasinya banyak dari orang tua murid sebenarnya” kata Limi.
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus