Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Kabupaten Garut Raih Swasti Saba Wiwerda Tingkat Nasional Tahun 2017

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_26111.jpg

    GARUT-Kabupaten Garut akhirnya meraih Swasti Saba Wiwerda Tahun 2017. Dengan diraihnya penghargaan itu, melengkapi prestasi sebelumnya dengan peraihan Swasti Saba Padapa untuk dua tatanan. 

    Untuk penghargaan kali ditunjukkan Kabupaten Garut dengan menyiapkan empat tatanan yang  menjadi objek penilaian, yakni Tatanan Industri dan Perkantoran Sehat, Tatanan Kawasan Pariwisata Sehat, Tatanan Kawasan Permukiman, Sarana Sehat dan Tatanan Kehidupan Masyarakat yang Sehat Mandiri.

    Kepastian diterimanya penghargaan tersebut disampaikan langsung Bupati Garut H. Rudy Gunawan, saat memimpin apel pagi di Halaman Setda Kabupaten Garut, Senin (27/11). Kepastian juga diterima Bappeda Kabupaten Garut dari radiogram Kementrian Dalam Negeri.

    Bupati menyatakan rasa bangga dan bahagia dengan peraihan ini. Ia berharap penghargaan ini menjadi motivasi bagi peningkatan kinerja aparatur dilingkungannya. Rencananya, Bupati sendiri yang akan menerima penghargaan inidan akan dihadiri Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan, di Ruang Sasana Bhakti Praja Kementerian Dalam Negeri, Jalan Merdeka Utara Nomor 7 Jakarta Pusat, Selasa pagi (28/11), dalam perhelatan bertajuk Pemberian Penghargaan Swasti Saba Kabupaten/Kota Sehat Tingkat Nasional 2017.

    Kabupaten Garut merupakan salah satu kabupaten/kota di Indonesia yang mengikuti verifikasi kabupaten/kota bersama 173 kabupaten/kota pada tahun 2017.

    Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat sebenarnya sudah dimulai sejak tahun 1998, namun pada tahun 2005 melalui Surat Keputusan Bersama (SK  B) Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pelaksanaannya mulai ditingkatkan dan hingga kini kabupaten/kota yang diikutsertakan dinilai semakin bertambah.

    Kabupaten/kota sehat bertujuan untuk mewujudkan kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat yang dilakukan dari pelbagai kegiatan yang berbasis masyarakat.

    Berbeda dengan lomba-lomba sejenis yang diadakan, penyelenggaraan ini lebih mengutamakan proses daripada target. Sehingga program ini berjalan terus menerus dimulai dengan kegiatan prioritas dalam suatu tatanan kawasan dan dicapai dalam waktu yang sesuai dengan kemampuan masyarakat.

    Meski Program Kabupaten/Kota Sehat sudah berjalan lama, namun Kabupaten Garut baru mengikutinya pada Tahun 2014 . Ada 3 kategori untuk penilaian Kabupaten Sehat dengan tingkat Tatanan yang berbeda, Kategori Padapa (Pemantapan) untuk 1-2 Tatanan , Kategori Wiwerda (Pembinaan) untuk 3-4 Tatanan dan Kategori Wistara (Pengembangan) untuk 5-9 Tatanan.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus