Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Bandung Tambah Bangunan Cagar Budaya

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_26209.jpg

    BANDUNG-Kota Bandung bisa dibilang adalah kota cagar budaya karena ribuan artefak peninggalan sejarah, khususnya pada zaman kolonial teraebar di hampir seluruh penjuru kota dan pada tahun 2010 lalu pemerintah pusat mencatat ada 100 cagar budaya yang wajib dilindungi.

    Walikota Bandung M. Ridwan Kamil mengatakan, pada tahun 2016 melalui Peraturan Wali Kota, Pemerintah Kota Bandung menambah jumlah bangunan yang diproteksi sebanyak 271 unit dan kedepannya pihaknya berencana untuk menambahi lagi 1500 cagar budaya untuk diproteksi.

    “Bandung adalah kota yang istimewa, dilihat dari sejarah Bandung ini kota baru. Kita tidak punya tradisi kerajaan seperti di Yoyakarta, juga tidak tumbuh dari tradisi keagamaan seperti di Bali. Bandung ini adalah melting pot, pertemuan dari berbagai budaya sehingga menjadi kota yang multikultural,” tuturnya.

    Walikota menjelaskan, bahwa sejarah dan budaya adalah kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dan di dalam sebuah kota, keduanya melebur membentuk identitas dan wajah dari tempat tesebut. 

    "Pemerintah dihadapkan pada kebutuhan pembangunan kota yang juga memiliki tujuan peningkatan ekonomi dan kesejahteraan rakyatnya, inimembuat pemerintah perlu membuat kebijakan agar kebutuhan tersebut bisa beriringan dengan perlindungan cagar budaya," katanya.

    Walikota menyatakan, pemerintah mengupayakan agar pengelolaan cagar budaya itu juga bisa meningkatkan nilai ekonomi situs tersebut melalui berbagai kebijakan, salah satunya mendesak kepada sektor swasta yang membangun bisnisnya di kawasan kota tua untuk menyesuaikan tema bangunan dengan lokasinya.

    “Cagar budaya itu fisiknya dipertahankan, isinya boleh silih berganti seperti Gedung Concordia itu kan tempat entertainment, jadi Gedung Merdeka, tidak masalah yang penting wajahnya, kualitas fisiknya jangan dirusak,” pungkasnya. (Parno)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus