Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Operasi Pasar Nataru Harus Dilakukan

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_26275.jpg

    BANDUNG – Meski harga komoditas pokok atau sembako dalam kondisi stabil serta stok masih tercukupi, kegiatan operasi pasar (OP) harus dipersiapkan oleh pemerintah daerah. Tujuannya untuk menjaga harga tetap terkendali serta meminimalisir spekulan.
     
    Menteri Perdagangan Anggertiasto Lukita menegaskan BUlog bersama Dinas Perdagangan kabupaten dan kota harus sudah mulai turun kelapangan melakukan oeprasi pasar untuk mengantisipasi lonjakan harga selama periode Natal dan Tahun Baru.

    “OP Harus dilakukan, tolong Bulog segera lakukan secepatnya,” kata dia saat berkunjung ke Bandung, Senin (4/12).

    Humas Bulog Jabar Abdul Hadi menegaskan jika Bulog siap melaksanakan operasi pasar jika ada permintaan dari pemerintah kabupaten dan kota di Jabar. Sebab menurutnya OP baru dapat dilakukan jika dinas perdagangan mengajukan surat permohonan.

    “Tapi kami juga melakukan OP di pasar tradisional tanpa ada permintaan,” kata dia, Selasa (5/12).

    Sementara untuk diketahui , sebagaimana data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Jabar, disebutkan harga rata-rata Gabah Kering Panen (GKP) di Tingkat Petani Jabar sebesar Rp5.235,04 per kilogram. Gabah Kering Giling (GKG) di Tingkat Petani Rp5.675,42 per kilogram, dan untuk Gabah Kualitas Rendah Rp. 4.049,33 per kilogram.

    Sementara rata-rata harga beras di Tingkat Penggilingan  Rp9.961,63 per kilogram. Berdasarkan patahan (broken) beras, kualitas Beras Premium Rp10.183,16, beras Medium Rp9.750,00, dan Beras kualitas Rendah Rp 9.625,0. jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus