Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Aplikasi Silamat Bantu Data Kependuduk

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_26299.jpg

    BANDUNG-Telkomsel melalui wilayah operasional Area Jabotabek Jabar  meluncurkan penggunaan aplikasi publik berbasis Smart City yang dinamakan Sistem Informasi Kelahiran dan Kematian (SILAMAT) yang ditandai dengan penandatangan kerja sama antara Telkomsel dengan Pemkab Lebak. 

    Aplikasi publik berfungsi sebagai sistem pendaftaran adminitrasi data kelahiran dan kematian berbasis aplikasi online yang dibangun oleh Telkomsel dan nantinya sumber informasi yang terkumpul akan dimanfaatkan oleh jajaran Pemkab Lebak untuk mengefisienkan jalur birokrasi pendataan laporan kelahiran dan kematian warga Kabupaten Lebak.

    Executive Vice President Area Jabotabek Jabar Telkomsel, Ririn Widaryani mengatakan melalui aplikasi ini nantinya akan terhubung secara langsung dengan pusat data Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Lebak. Adanya pemanfaatan layanan aplikasi ini, masyarakat Kabupaten Lebak akan diberi kemudahan untuk mendaftarkan informasi kelahiran dan kematian keluarga dan kerabat secara online dan mobile. 

    Setelah mendaftar online melalui SILAMAT, masyarakat cukup membawa bukti hasil pendaftaran online dan kelengkapan berkas administrasi asli ke Dinas Duckcapil Kabupaten Lebak untuk verifikasi lanjutan.

    "Kini, aplikasi SILAMAT sudah dapat diunduh secara gratis melalui smartphone dengan OS Android di Google PlayStore,"kata Ririn, Rabu (6/12/2017)

    Konsistensi Telkomsel dalam mendorong percepatan adopsi teknologi telekomunikasi berbasis digital di Kabupaten Lebak ini merupakan wujud nyata dari sejumlah audiensi dan sinergi bersama Pemkab Lebak kurun beberapa waktu terakhir, yang mana salah satu tujuannya adalah menciptakan ekosistem gaya hidup digital yang ramah dan sejalan dengan nilai kearfian lokal masyarakat Kabupaten Lebak.

    Ririn mengungkatkan salah satu sinergi yang akan diperkuat adalah dengan menghadirkan layanan Telkomsel berbasis solusi layanan korporasi guna memudahkan koordinasi dan komunikasi operasional jajaran Pemkab Lebak, dengan penyediaan fitur paket Team Plan dilengkapi layanan bebas nelpon dan sms antar pegawai Pemkab Lebak serta paket kuota data khusus dengan harga terjangkau.

    “Saat ini, Telkomsel secara konsisten terus mengembangkan fasilitas jaringan di wilayah Kabupaten Lebak, terutama di sejumlah titik populasi masyarakat yang memiliki pengembangan potensi kearifan lokal,"jelas Ririn

    Ririn menambahkan hingga akhir kuartal tiga 2017, pertumbuhan jumlah BTS Telkomsel di Kabupaten Lebak mencapai 21%, dimana 48% penambahan jaringannya sudah berteknologi terdepan 4G LTE. Penambahan jumlah dan cakupan jaringan ini diharapkan akan memberikan pengalaman akses broadband dan digital yang maksimal oleh masyarakat Lebak, 

    "Sejauh ini trafik penggunaan layanan data di Kabupaten Lebak telah meningkat hingga 175% dibandingkan periode yang sama tahun lalu” pungkasnya. (MAT)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus