Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Karawang Raih Anugerah Inovasi Revitalisasi KB

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_26319.jpg

    KARAWANG-Kabupaten Karawang kembali meraih penghargaan atas "Inovasi Dalam Revitalisasi" di era desentralisasi dari Yayasan Cipta Cara Padu (YCCP) dalam acara Lokakarya Nasional Dalam Pembelajaran dan Keberlanjutan Advokasi Revitalisasi KB Tahun 2017, bertempat di Pendopo Pemprov Kalimantan Barat, Selasa, (5/12). 

    Bupati Karawang menerima penghargaan "Cipta Award" secara langsung dari Ketua YCCP dr. Sugiri Syarief atas komitmennya dalam melaksanakan Revitalisasi Program Keluarga Berencana Di Era Desentralisasi.

    Dalam sambutannya, ketua YCCP mengatakan, sejak berdiri pada tahun 2008, YCCP telah fokus dalam mendukung revitalisasi program KB di Indonesia.

    “Saat ini, YCCP telah bermitra dengan kabupaten dan provinsi untuk meningkatkan kapasitas pemangku kepentingan di Indonesia dalam melaksanakan berbagai program yang terkait dengan kesehatan dan keluarga berencana," tutur beliau.

    Sementara itu, Bupati Karawang dr. Hj. Cellica Nurrachadiana mengatakan, penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi dari Yayasan Cipta Cara Padu (YCCP) yang bekerjasama dengan BKKBN pusat kepada Kepala Daerah yang mempunyai komitmen untuk melakukan revitalisasi program KB di era desentralisasi di tingkat Kabupaten.

    Untuk mensukseskan program KB, Pemkab Karawang melakukan revitalisasi Program KB dalam bentuk inovasi dan advokasi KB melalui Program Rutin Tahunan Pemkab Karawang yaitu Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN), dalam kegiatan tersebut DPPKB Karawang turut andil untuk mensosialisasikan dan melakukan pelayanan KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) kepada masyarakat antara lain dengan alat kontrasepsi IUD dan implan.

    Capaian peserta KB baru MKJP kegiatan PATEN tahun 2015 mencapai 1083 orang, meningkat di tahun 2017 mencapai 1179 orang, secara perhitungan presentase naik hingga 14,66%. Jadi, masyarakat Kabupaten Karawang sadar akan pentingnya Keluarga Berencana. Selain itu, pelaksanaan program KKBPK dalam Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) memberikan penghargaan kepada Peserta KB Lestari 20, 15, dan 10 Tahun, Keluarga Harmonis Tingkat Kecamatan, Peresmian Kampung KB, Kepala Desa Peduli KB, Bidan Peduli KB, Penyerahan KIT untuk Kelompok Kegiatan Ketahanan Keluarga, dan Penyerahan Bibit Tanaman Kepada Peserta KB Lestari.

    Menurut Cellica, dalam kegiatan PATEN tersebut, tidak hanya melakukan pelayanan KB MKJP dari DPPKB Karawang. 

    Adapun pelayanan - pelayanan publik lain yang turut serta dalam kegiatan PATEN yaitu Pelayanan dari DISDUKCAPIL untuk pembuatan KTP, KK, & AKTA Kelahiran, Pelayanan Pajak Bumi Bangunan (PB  B) dari BAPENDA Kab. Karawang, Pelayanan Kesehatan dari DINKES Kab. Karawang, Pelayanan Perizinan dari DPMPTSP Kab.Karawang, Pelayanan Kepesertaan BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan, Pelayanan SIM Keliling dari POLRES Karawang, Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor dari SAMSAT Karawang, Pelayanan Ishbat Nikah dari Pengadilan Agama Karawang, Pelayanan Passpor dan Pembinaan Calon TKI dari Kantor Imigrasi, Pelayanan Minat Baca dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah, dan Gelar Dagang Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat.(Dien)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus