Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Gempa Laut Selatan, Ratusan Rumah Rusak

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_26517.jpg

    BANDUNG-Akibat gempa bumi yang terjadi Jum'at (15/12) malam, ratusan rumah di 6 Kabupaten Kota di Jabar mengalami kerusakan berat, sedang dan ringan. 

    Sementara mengenai korban jiwa, Kepala BPBD Jabar Dicky Sahroni mengatakan sejauh ini pihaknya baru menerima laporan satu orang korban jiwa akibat dampak langsung gempa di Kabupaten Ciamis.

    "Sementara ini, update sampai pukul 12 hari Sabtu (16/12), satu orang meninggal dunia akibat gempa. Adapun satu orang lagi yang meninggal, itu karena sakit biasa" ujarnya lewat sambungan telepon, Sabtu (16/12).

    Dicky menyebutkan, kerusakan rumah yang terjadi di Kabupaten Ciamis 188 rumah terdiri dari rusak berat 88 rumah, rusak sedang 83, rusak ringan 55 rumah. Di kabupaten Tasikmalaya, 109 rumah, rusak berat 44, rusak sedang 20, risak ringan 65. Di Kabupaten Pangandaran 91 rumah, rusak berat 38, risak sedang 20, rusak ringan 33 rumah.

    "Data itu mungkin masih bisa berubah tergantung update laporan dari daerah. Semantara ini kita berkoordinasi bukan hanya dengan kabupaten kota yang terdampak tetapi juga dengan BNPB untuk tanggap darurat," katanya.

    Dicky juga menghimbau kepada masyarakat jangan langsung percaya terhadap berita-berita yang belum tentu benar.

    Masyarakat dihimbau tetap tenang dan kalau perlu informasi lebih baik mengakses informasi dari lembaga berwenang seperti BNPB atau BMKG. Sementara untuk bantuan logistik, BPBD Jabar baru mengirimkan bantuan ke Ciamis karena ada pengungsian sebanyak 207 jiwa.

    "Sejauh ini kita baru mengirimkan ke Ciamis karena di sana ada pengungsian sebanyak 207 jiwa. Semantara kabupaten yang lain masih bisa menangani sendiri," jelasnya.

    Bantuan yang dikirimkan menurut Dicky berupa makanan siap saji, tenda dan family kit. (Pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus