Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    BNPB Bantu Daerah di Jabar Terdampak Gempa

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_26528.jpg

    BANDUNG-Penanganan darurat akibat gempa bumi berkekuatan 6,9 SR yang mengguncang Jawa Barat bagian Selatan pada Jumat  (15/12) pukul 23:47 WIB yang telah menyebabkan korban meninggal dunia dan kerusakan ribuan bangunan terus dilakukan Pemerintah Daerah dan sejumlah instansi terkait

    Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bandana (BNPB) Willem Rampangilei mengatakan, pihaknya telah melakukan rapat koordinasi dengan para Kepala Daerah, BPBD, Kementerian Sosial, dan aparat setempat di Tasikmalaya dan Ciamis.

    "Empat prioritas yang perlu ditangani adalah penambahan bantuan logistik, perbaikan pemukiman yang rusak, bantuan pendanaan, dan perbaikan kerusakan sarana prasarana umum," ucapnya.

    Menurut Willem, bantuan logistik dari BNPB akan diberikan kepada daerah yang telah menetapkan tanggap darurat dan menyerahkan dana siap pakai sebesar Rp 250 juta kepada 4 daerah yang telah menetapkan tanggap darurat untuk operasional selama masa tanggap darurat. 

    "Untuk perbaikan pemukiman yang rusak akan dipenuhi melalui bantuan stimulan dana dari BNPB dengan masing-masing daerah terlebih dahulu melakukan verifikasi yang valid secara “by name by address” dan di-SK-kan oleh Kepala Daerah masing-masing," katanya.

    Willem mengatakan, langkah ini harus ditempuh sebagai bentuk akuntabilitas dan transparansi penggunaan dana serta untuk menjamin terhadap kejelasan jumlah bantuan maupun siapa penerimanya.

    "Aparat dari BPBD, TNI, Polri, Basarnas, Kementerian Kesehatan, SKPD, Tagana, PMI, relawan, NGO dan masyarakat masih melakukan penangnan darurat," tutur Willem, melalui rilis yang diterima www.Jabarprov, Minggu (17/12).

    Bantuan mendesak yang diperlukan masyarakat saat ini adalah hunian sementara (huntara), tenda, relawan untuk membersihkan material bangunan yang rusak, permakanan, trauma healing, tukang, bahan material bangunan dan lainnya. (Parno)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus