Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    4 Wilayah di Jabar Alami Kerusakan Paling Parah

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_26529.jpg

    BANDUNG-Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat akibat gempa bumi berkekuatan 6,9 SR yang mengguncang Jawa Barat bagian Selatan pada Jumat  (15/12) pukul 23:47 WIB telah menyebabkan korban meninggal dunia dan kerusakan ribuan bangunan.

    Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, wilayah yang paling parah mengalami kerusakan terdapat di 4 daerah di Jawa Barat yaitu Kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Pangandaran. 

    "Daerah ini paling dekat dengan episentrum gempa sehingga intensitas gempa dirasakan V-VI MMI (sedang hingga kuat)," kata Sutopo, melalui rilis yang diterima www.Jabarprov.go.id, Minggu (17/12).

    Sutopo mengatakan, Bupati dan Walikota di keempat daerah ini telah menetapkan status keadaan tanggap darurat penanganan gempabumi selama 7 hari terhitung Sabtu (16/12) hingga Jumat (22/12), yang dapat diperpanjang sesuai dengan situasi di lapangan.

    "Untuk darurat penanganan dan rekonstruksi, 4 wilayah yang terdampak gempa bumi tetapkan tanggap darurat," ucapnya.

    Berdasarkam data, di Kabupaten Tasikmalaya terdapat 1.362 unit rumah rusak terdiri dari 192 rumah rusak berat, 76 rumah rusak sedang dan 1.094 rumah rusak ringan. 

    Di Kabupaten Ciamis terdapat 759 rumah rusak yang terdiri 117 rumah rusak berat, 239 rumah rusak sedang, dan 403 rumah rusak ringan. 

    Sedangkan di Kabupaten Pangandaran terdapat 320 rumah rusak yang meliputi  60 rusak berat, 75 rusak sedang, dan 185 rusak ringan.(Parno)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus