Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    PLN UIP Tingkatkan Kapasitas Koperasi Binaan

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_26719.jpg

    BANDUNG - Pengurus, Pengawas dan Tim Manajemen di tiga Koperasi yaituKoperasi WTP Sejahtera dan Koperasi Bina Insani di Kecamatan Rongga, serta Koperasi Anugrah Jaya Abadi di Kecamatan Cipongkor melaksanakan kunjungan lapangan dan studi banding ke Ultra Peternakan Bandung Selatan (UPBS), Pangelangan untuk meningkatkan kapasitas dan manajemen koperasi.

    Ketiga koperasi ini merupakan salah satu program dari PLN UIP JBT I bagi Warga Terkena Dampak (WTP) Proyek PLTA Upper Cisokan untuk memastikan taraf hidupnya tidak menurun setelah dilakukannya pembebasan lahan untuk kepentingan proyek. 

    “Koperasi – koperasi ini telah dibentuk dan diinisiasi oleh PLN yang anggotanya berasal dari warga yang terdampak Proyek PLTA Upper Cisokan. Selain memberikan fasilitas sarana dan prasarana pendirian koperasi, PLN juga memberikan berbagai pelatihan. Salah satu program yang dilakukan adalah studi banding untuk memberikan gambaran lebih nyata bagi anggota dan pengurus koperasi untuk mulai menjalankan usahanya," ujar Manajer Hukum, Komunikasi dan Pertanahan PLN UIP JBT I – Kateni, Jumat (29/12).
     
    Disambut oleh manajemen PT Ultra Jaya, sebanyak 30 orang pengurus dan pengawas koperasi tersebut mengikuti berbagai aktifitas diantaranya analisa SWOT, perencanaan program, standarisasi biaya hingga pembuatan rencana kerja. 

    Para peserta berkesempatan untuk melihat langsung komplek peternakan sapi yang dikelola oleh PT Ultra Jaya. Pada kawasan seluas 35-40 hektar, terdapat sekitar 3000 ekor sapi jenis sapi fh (friesian holstein/ fries holland) yang didatangkan dari Australia. Setiap ekor sapi rata – rata menghasilkan 25 liter susu murni per hari. 

    Selain memproduksi sendiri, UPBS juga memperoleh susu dari para peternak sapi lokal yang berasal dari koperasi binaan PT Ultrajaya Milk Industri yang bernama Koperasi Peternak Bandung Selatan (KPBS). 

    Untuk memastikan kualitas susu yang dihasilkan terjaga, PT Ultra Jaya melakukan berbagai upaya. Penyiapan pakan yang cukup kualitas dan gizi, kandang yang sehat dan bersih, peralatan perah yang canggih hingga tenaga kerja yang kompeten sehingga pada akhirnya susu yang dihasilkan dari pengolahan memiliki kualitas dengan standar yang telah ditentukan. 

    Dengan melakukan studi banding ini, diharapakan anggota dan pengurus koperasi bisa merencanakan dan menjalankan usaha koperasi dengan optimal, sehingga segala permasalahan terkait pengelolaan usaha koperasi dapat diidentifikasi dan dicegah sedari dini. Jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus