Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pemprov. Jabar Tingkatkan Fasilitasi Bantuan Ke Kabupaten/Kota

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/IMG_1233.jpg

    Pemprov. Jabar berjanji akan terus meningkatkan fasilitasi bantuan ke Kabupaten/Kota mengingat banyak Kabupaten/Kota baik di lingkup Nasional maupun Jabar yang kondisi keuangan dalam bentuk dana APBD belum maksimal menopang kegiatan pembangunan.

     
    Hal demikian, ditegaskan Wagub Jabar, H. Dede Yusuf dalam keterangannya kepada wartawan di Gedung Sate (11/7).
     
    Menurut Wagub, pada umumnya di level nasional APBD Kabupaten/Kota sebesar 70% lebih banyak digunakan untuk mendanai belanja pegawai sehingga hal tersebut berkonsekuensi pada minimnya anggaran untuk kegiatan pembangunan. 
     
    Adanya kenyataan tersebut, sangatlah tepat langkah yang diambil oleh pemerintah yaitu menunda pembentukkan daerah otonom baru Kabupaten/Kota.
     
    Wagub, menambahkan kondisi tersebut salah satunya nampak di salah satu daerah di Jabar yaitu Kota Tasikmalaya, dimana menurut informasi APBD Kota Tasikmalaya sebanyak 80% habis dipergunakan untuk belanja pegawai sehingga hanya 20% dana APBD untuk mendanai kegiatan pembangunan.
     
    Menyikapi keadaan tersebut, ada beberapa hal yang menyebabkan tingginya belanja pegawai di Pemkot Tasikmalaya diantaranya : banyaknya jumlah PNS hasil limpahan dari Kabupaten Tasikmalaya sehingga keadaaan tersebut berimplikasi pada tingginya beban belanja pegawai.
     
    Atas kondisi tersebut, ada solusi yang bisa dilakukan oleh Pemkot Tasikmalaya diantaranya menawarkan pensiun dini dan mengurangi honor dalam kegiatan/program.
     
    Sehubungan dengan tingginya belanja pegawai di Pemkot Tasikmalaya, Pemprov. Jabar berharap Pemkot Tasikmalaya segera melakukan langkah-langkah  perbaikan  diantaranya mulai dari perencanaan dan pelaksanaan APBD. 
     
    Di sisi lain, ujar Wagub selama ini secara rutin Pemprov. Jabar telah mengalokasikan bantuan untuk Kabupaten/Kota dalam APBD Provinsi dengan besaran tiap Kabupaten/Kota yang beragam. Bantuan tersebut., diantaranya akan diprioritaskan untuk Kabupaten/Kota yang mengalami defisit APBD seperti Pemkot Tasikmalaya
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus