Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Jabar Siap Laksanakan ORI Difteri Februari

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_26908.jpg

    BANDUNG-Dinas Kesehatan Jawa Barat (Jabar) merencanakan kegiatan vaksinasi difteri secara menyeluruh atau ORI awal bulan Februari 2018.

    "Rencananya tanggal 20 Februari, dimulai," tegas Kadinkes Jabar Dodo Suhendar, saat mendampingi Menkes Nila Moeloek meninjau Biofarma, Sabtu (13/1/2018).

    Saat ini menurutnya sedang dalam persiapan dan menunggu ketersediaan vaksin difteri. Rencananya di Jabar sebanyak 18 daerah kabupaten dan kota akan serentak melaksanakan ORI ini.

    Menkes Nila Moeloek menyatakan selama tahun 2017, KLB Difteri terjadi di 170 kabupaten/kota dan di 30 provinsi, dengan jumlah sebanyak 954 kasus, dengan kematian sebanyak 44 kasus. Sedangkan pada tahun 2018 (hingga 9 Januari 2018), terdapat 14 laporan kasus  dari 11 kab/kota di 4 propinsi (DKI, Banten, Jabar dan Lampung), dan tidak ada kasus yang meninggal.

    Pada tahun 2018 tidak ada penambahan Kabupaten/Kota  yang melaporkan adanya KLB Difteri. Data terakhir, terdapat 85 kab/kota dari total 170 kab/kota yang sudah tidak melaporkan kasus baru. Itu artinya KLB di 85 Kabupaten Kota tersebut bisa dikatakan berakhir. 

    Seperti diketahui, kriteria berakhirnya suatu KLB adalah apabila tidak ditemukan lagi kasus baru selama 2 kali masa inkubasi terpanjang (ditambah masa penularan Difteri) sejak laporan kasus terakhir, sehingga status KLB dapat dicabut setelah 4 minggu oleh pemerintah daerah. Jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus