Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Kampung KB Di Sumedang, Terbaik Se-Jabar

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_26985.jpg

    SUMEDANG-Kampung KB yang terdapat di Kabupaten Sumedang, merupakan Kampung KB terbaik yang ada di Jawa Barat. 

    Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) H. Nasam, SE.,A.k saat menyampaikan laporannya dihadapan Bupati Sumedang, H. Eka Setiawan pada Kegiatan Temu Kerja Program KKBPK bagi Tenaga Lini Lapangan KB Se-Kabupaten Sumedang yang diselenggarakan di Gedung PKK, Selasa (16/1).

    Menurut Nasam, sesuai hasil survey yang dilakukan oleh IPB pencapaian Program KB di Sumedang mengalami peningkatan yang signifikan. Hal itu dibuktikan oleh hasil survey terhadap 26 Kampung KB yang ada di Kabupaten Sumedang.

    “Capaian peserta KB aktif Metode KB Jangka Panjang (MKJP) meningkat menjadi 19,85% dari target 19,21%, kemudian capaian CPR (Contraceptive Prevalence Rate) pun meningkat dari target 81,57% menjadi 82,58%,”katanya.

    Terkait Kegiatan Temu Kerja Program KKBPK bagi Tenaga Lini Lapangan KB Se-Kabupaten Sumedang, Nasam menjelaskan dasar pelaksanaan kegiatan tersebut adalah Undang-undang Nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, Undang-undang Nomor 52 tahun 2009 tntang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga, Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 1994 tentang Penyelenggaraan Pembangunan Keluarga Sejahtera. 

    “Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan wawasan dan kinerja para petugas lini lapangan dalam melaksanakan program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) untuk mewujudkan keluarga kecil bahagia dan sejahtera,’’kata Nasam.

    Disampaikan Nasam, pencapaian program KB di Kabupaten Sumedang mengalami peningkatan. Menurutnya, hal itu dibuktikan oleh hasil survey yang dilakukan oleh IPB terhadap Kampung KB yang terdapat di 26 kecamatan yang ada di Kabupaten Sumedang.

    Sementara itu Bupati Eka dalam sambutannya mengatakan, Kegiatan Temu Kerja Petugas Lini Lapangan KB tersebut menyadarkan bahwa kedudukan petugas lini lapangan Kb berfungsi sebagai motor penggerak Program KB serta memiliki fungsi yang strategis dalam menunjang keberhasilan Program KB.

    “Mudah-mudahan, para petugas KB tetap bersemangat dan solid dalam melaksanakan tugasnya membantu program pemerintah dalam pengendalian penduduk di Kabupaten Sumedang,”ujarnya.

    Disampaikan Eka, Program KB yang dicanangkan pemerintah sejak Tahun 1970 memiliki peranan dan kedudukan yang strategis, hal itu menurut Eka, bisa dibuktikan dengan efektifitas pengendalian laju pertumbuhan penduduk dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

    “Kita harus bersyukur, karena program KB di Kabupaten Sumedang dari tahun ke tahun menunjukan progres yang cukup baik, oleh karna itu, program ini menjadi program andalan yang harus mendapatkan dukungan dari seluruh elemen masyarakat,”ujar Eka diakhir sambutannya.

    Menurut panitia, kegiatan tersebut dihadiri oleh unsur SKPD, para Kepala UPTD KB, para penyuluh KB, tenaga penggerak desa, pos KB, serta para peserta temu kerja lini lapangan Se-Kabupaten Sumedang.

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus