Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Di Riverland, Gubernur Aher Terkesan Sistem Irigasi dan Antihama Yang Diterapkan

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_27160.jpg


    RIVERLAND-Di hari kedua lawatan kerjanya di Australia Selatan, Kamis (25/3/2017) Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mengunjungi Kota Riverland untuk meninjau langsung kebun-kebun berteknologi modern dan canggih. Kunjungan ini merupakan bagian dari kerja sama Sister Province antara Provinsi Jabar dan Australia Selatan yang telah terbangun sejak 2015 silam. 

    Setelah melalui perjalanan sekitar tiga jam dari pusat Kota Adelaide, Aher di Riverland. Didampingi sang istri Netty Prasetyani dan rombongan delegasi, Aher menginjakkan kakinya di salah satu perkebunan citrus (jeruk) terbesar di Riverland. 

    Di lokasi tersebut, Aher sempat meninjau langsung tanaman citrus yang tumbuh subur meski ditanam di lahan yang cukup tandus dan berpasir. Salah satu rahasia tumbuh suburnya tanaman citrus tersebut, ternyata sistem irigasi tetes yang diberikan kepada setiap tanaman citrus lewat selang-selang yang ditanam di bawah tanah. 

    Meski kondisi lahan di Riverland cukup tandus dan berpasir, namun sektor pertanian dan perkebunan di kawasan tersebut tumbuh pesat. Tidak hanya tanaman citrus, tanaman lain, seperti anggur hingga almond serta sayur mayur berkualitas tinggi juga tumbuh subur di Riverland.

    Hal itu tak lepas dari keberadaan Sungai Murray, salah satu sungai terbesar di Australia. Selain sebagai penyeimbang ekosistem, Sungai Murray juga menjadi pemasok air utama bagi hamparan kebun di Riverland dan sekitarnya. Sungai Murray pun menjadi pemasok air irigasi tetes kebun citrus yang dikunjungi Aher, termasuk ratusan ribu hektare kebun lainnya.

    Selain tumbuh subur, tanaman buah di Riverland juga terbebas dari hama yang kerap merugikan petani, salah satunya hama lalat buah berkat penerapan teknologi biosecurity sterile insect (serangga yang tak bisa berkembang biak).

    Lewat teknologi tersebut, hama lalat buah akan mati dengan sendirinya. Karena terbebas dari hama, penggunaan pestisida pun akhirnya dapat dihindari, yang membuat produk pertanian, khususnya buah-buahan asal Riverland berkualitas tinggi. 

    Setelah melihat langsung tata kelola pertanian dan perkebunan, termasuk pengendalian hamanya, Aher mengaku semakin yakin bahwa buah-buahan impor asal Australia, khususnya Riverland, sangat baik untuk dikonsumsi.

    "Dengan sistem ini, kami meyakini buah-buah dari Australia paling sehat untuk dikonsumsi. Kami akan mengatakan kepada warga Jabar, jika mau membeli buah, belilah buah lokal untuk meningkatkan kesejahteraan petani lokal. Tapi kalau mau beli buah impor, belilah buah dari Australia," papar Aher.

    Selain Riverland, sejumlah wilayah di Australia Selatan menjadi salah satu daerah pemasok buah-buahan hingga gandum berkualitas ke berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia. Australia Selatan, tepatnya Barosagali juga terkenal sebagai penghasil buah anggur terbaik di dunia sebagai bahan baku minuman anggur (wine). 

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus