Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Mapag Samagaha, Aktifis Budaya Ngarajah

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_27236.jpg

    BANDUNG-Menjelang gerhana bulan, budayawan Sunda Abah Ajat Surya Darajat mengatakan, fenomena alam seperti Supermoon ini harus menjadi momen introspeksi sekaligus melihat tanda-tanda alam. 

    Di Sunda, fenomena seperti ini biasanya disambut dengan Mapag Samagaha (menyambut). Pada fenomena 31 Januari 2018 kali ini pihaknya pun akan menggelar ritual Samagaha sebagai bentuk penyambutan gerhana. 

    Penyambutan akan dilaksanakan Rabu (31/1/2018) sekitar pukul 18:00 di roof top hotel Homan Bandung, dengan iringan musik tradisional khas Sunda. 

    Adapun ritual yang dilakukan, yakni dengan Rajah Pangbage. 

    "Sebagai warga Sunda kita harus menghormati adat, salah satunya dengan pangbage. Pangbage ini ditandai dengan penabuhan alat musil tradisional Sunda," kata Ajat di Bandung, Selasa (30/1/2018). 

    Hal itu dilakukan untuk penyambutan sekaligus mengingatkan agar manusia tetap menghargai dan membaca tanda-tanda alam yang diperlihatkan Sang Pencipta. 

    "Intinya kita diingatkan melalui tanda-tanda alam itu, dan kita harus selalu besyukur kepada Alloh SWT, terlebih masih bisa menyaksikan fenomena alam yang terjadi 160 tahun sekali itu," kata dia. 

    Lebih lanjut Ajat berharap ritual Mapag Samagaha ini disambut dengan penuh rasa syukur dan penuh pengharapan. (Pun)

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus