Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Harga Menjelang Bulan Puasa

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/DSC_5533-pasar.jpg

    BANDUNG, Berdasarkan pantauan redaksi jabarprov.go.id di Pasar Balubur Bandung, telah terjadi kenaikan beberapa komoditi kebutuhan pokok sehari-hari. Kenaikan tersebut dipicu dengan akan tibanya Bulan Suci Ramadhan, selain karena pasokan dari sentra penghasil yang menurun, terutama untuk komoditi sayuran.

    Dua pekan menjelang Ramadhan, harga sebagian kebutuhan pangan mulai meningkat. Di pasar sayur Balubur, harga daging ayam dan daging sapi naik sekitar Rp 2000- Rp 3000 per kilogram. Daging sapi yang sebelumnya Rp 58 ribu kini menjadi Rp 60ribu per kilogramnya. Untuk beberapa jenis sayuran seperti tomat dan kentang pun mengalami kenaikan harga. Harga tomat yang sebelumnya Rp 6000 kini menjadi Rp 8000 sedangkan kentang kini menjadi Rp 9000 per kilogram.

    Kenaikan lainnya, dirasakan pada kebutuhan sembako seperti beras, minyak curah dan telur. Harga telur mencapai Rp 16.500 setelah 3 pekan sebelumnya stabil diharga Rp 15 ribu. Harga minyak curah dan beras naik sekitar Rp 500 – Rp 600 per kilogram. Hal ini dipicu oleh permintaan yang meningkat dari masyarakat. Para pedagang memprediksikan harga pangan akan terus meningkat hingga menjelang hari raya.

    Sementara itu, bawang merah, bawang putih dan cabai merah justru mengalami penurunan harga. Bawang merah dan bawang putih turun sekitar Rp 5 ribu per kilogram sedangkan untuk cabai merah turun menjadi Rp 8 ribu- Rp 10 ribu per kilogramnya
     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus