Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pemkab Sumedang Gelar Rakor Musrenbang

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita

    SUMEDANG- Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang melalui Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bappppeda) menggelar Rapat Koordinasi Perencanaan Pembangunan Kabupaten Sumedang Tahun 2018 di Aula Tampomas IPP, Kamis (1/2).

    Rakor tersebut dibuka secara langsung oleh Bupati Sumedang, H. Eka Setiawan serta dihadiri oleh para asisten, staf ahli,  unsur SKPD, para camat, lurah, kepala desa, Forum Delegasi Musrenbang (FDM) serta unsur terkait lainnya.

    Dikatakan Drs. H. Sanusi Mawi, M.Si selaku Kepala Bappppeda, dasar dari pelaksanaan Rapat Koordinasi Perencanaan Pembangunan tahun 2018 dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sumedang adalah Undang-Undang nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional, Undang-Undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Peraturan Pemerintah nomor 8 tahun 2008 tentang tahapan tata cara penyusunan, pengendalian dan evaluasi pelaksanaan perencanaan pembangunan daerah.

    “Maksud dilaksanakannya Rapat Koordinasi Perencanaan Pembangunan adalah sebagai upaya sinkronisasi dan sinergi perencanaan pembangunan dengan penganggaran. Sedangkan tujuannya adalah untuk menyamakan persepsi tentang visi, misi, strategi, kebijakan tujuan, sasaran, program dan kegiatan oleh para pemangku kepentingan secara efektif, efisien, transparan dan akuntabel,”kata Sanusi.

    Dikatakan Sanusi lebih lanjut, setelah selesainya rakor, akan dilaksanakan juga sosialisasi petunjuk teknis pelaksanaan musyawarah perencanaan pembangunan untuk penyusunan RKPD 2019. Menurutnya, tahapan pelaksanaan musrenbang meliputi desa/kelurahan, musrenbang kecamatan, pra forum perangkat daerah serta forum perangkat daerah.

    “Hasil dari kegiatan rakor ini adalah berupa dokumen rencana kerja pemerintah derah (RKPD) tahun 2019. oleh karena itu, kami mengharapkan dukungan dan keterlibatan dari seluruh pemangku kepentingan sehingga dapat menghasilkan dokumen RKPD tahun 2019 yang dapat mewujudkan kesejahteraan masyarakat,’’ujarnya.

    Sementara itu, Bupati Eka dalam sambutannya mengatakan Rakor Koordinasi Perencanaan Pembangunan adalah sebuah mekanisme perencanaan yang ada di daerah, sekaligus mekanisme untuk mempertemukan usulan/kebutuhan masyarakat dengan yang diprogramkan pemerintah. 

    ‘’Idealnya pelaksanaan rakor ini bisa melibatkan masyarakat atau pemangku kepentingan, mulai dari tahapan proses, penyusunan dan pelaksanaan serta secara bersama-sama memikirkan bagaimana mengimplementasikan hasil musyawarah untuk kepentingan mensejahterakan masyarakat,’’ujar Eka.

    Dharapka Bupati Eka, rakor tersebut dapat menghasilkan perencanaan yang konsisten dan komprehensif serta dilaksanakan sesuai dengan peraturan yang berlaku. 

    ‘’Saya minta, semua yang hadir disini bisa cermat dengan apa yang kita kerjakan, sehingga kita semua bisa membawa perubahan yang mendasar untuk Sumedang dan dapat merubah “wajah” Sumedang agar lebih baik lagi,’’kata Eka diakhir sambutannya.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus