Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Cakupan Imunisasi Kota Cirebon Capai 95 Persen

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_27384.jpg

    CIREBON - Sejak awal tahun 2018, cakupan imunisasi Kota Cirebon telah mencapai 95 persen. Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Cirebon, Lucya Agung Susilawati. 

    "Untuk kegiatan MR sendiri, Measles Rubella, Alhamdulilah juga kita dalam dua bulan ini cakupannya sudah 95 persen, dan sudah mendapat serifikat dari Dinas Kesehatan Provinsi," kata Lucya di Kantor Dinas Kesehatan Kota Cirebon, Kamis (8/2). 

    Lucya mengatakan, untuk kasus difteri sendiri, 2018 ini hanya ada satu kasus Difteri yang ditemukan. Namun, Kota Cirebon tidak termasuk Outbreak System Immunization (ORI) "Karena Kota Cirebon tahun 2017 tidak ada kasus, dan baru ada satu kasus di akhir September. 2018 juga ada satu kasus. Tapi kita tidak termasuk ORI. Kalau ORI itu kan KLB yang awalnya tidak ada menjadi ada dan terjadi peningkatan," tambahnya. 

    Untuk kedepannya, tambah Lucy, mudah-mudahan tetap terjaga dan tidak ada kasus Difteri. Untuk itu, maka Kota Cirebon selalu melakukan program imunisasi rutin.  Selain itu, Dinas Kesehatan Kota Cirebon juga mendukung keberhasilan dari cakupan imunisasi dengan melakukan pelatihan terhadap tata pelaksanaan dan tata pengelolaan vaksin untuk imunisasi. Dari mulai penyimpanan, pemeliharaan dan perawatan dari vaksin itu sendiri, dengan menjaga suhu saat melakukan penyimpanan vaksin.

    "Karena memang suhu harus dalam kondisi stabil. Artinya di pengaturan suhu setiap hari yang di monitor. Kita lihat grafiknya, stabilitas dari vaksin itu kan cepat rusak, oleh karena itu harus selalu dalam kontrol dan terkendali," kata dia.

    Bambang Heriyanto, Corporate Secretary Bio Farma menambahkan, mengenai bagaimana vaksin didistribusikan dari pabrik Bio Farma sampai ke Dinas Kesehatan Provinsi, “Fasilitas yang ada di Dinkes Cirebon ini sangat baik, terdapat freezer di dalam ruangan berpendingin yang khusus menyimpan vaksin, dengan ruangan yang bersih, juga tenaga khusus yang menanganinya”, ungkap Bambang.jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus