Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Gitar Produksi Bandung Menjelajah Dunia

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_27832.jpg

    BANDUNG - Berlokasi di Jalan AH. Nasution Kota Bandung, ribuan gitar dan ukulele sudah diproduksi dan dijual ekspor keluar negeri. Pabrik gitar Genta ini sudah berdiri sejak tahun 1959 lalu.

    Pemilik Genta Gitar Agung Nasution mengatakan usaha pembuatan gitar diawali dengan langkah kecil sehingga akhirnya kini dari kelas UMKM menjadi kelas menengah.

    "Kami sudah memproduksi gitar akustik dan ukulele sejak lama, sudah hafal seluk beluk pemutaran," ujarnya ditemui di pabriknya, Rabu (7/3).

    Memang diakuinya saat ini kebanyakan. Memproduksi gitar makloon atau pesanan eksportir dengan merek sendiri. Namun demikian , di badan gitar juga tetap tertulis pemberitahuan jika gitar itu buatan Indonesia, Made In Indonesia. 

    Kini, ia mempekerjakan sekitar 100 orang warga Bandung, dan sebagian pekerjaan sudah menggunakan mesin. Namun demikian, diakuinya sebanyak 80 persen bahan baku untuk membuat gitar akustik dan ukulele ini merupakan bahan baku lokal. Misalnya kayu mahoni dan kayu mangga asli Jabar.

    "Kami menggunakan kayu solid, yang membuat gitar buatan Genta disukai pasar luar negeri," ujarnya. Ia berharap masyarakat lokal juga menyukai produk gitar dan ukulele buatan dalam negeri. Selain itu pemerintah daerah juga harus lebih memperhatikan perusahaan lokal agar dapat berkembang pesat. Jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus