Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Bincang Pagi: Maturitas SPIP dan Kapabilitas APIP di Seluruh Pemda Se-Jawa Barat

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_27940.jpg
    Acara Bincang Pagi dengan Tema Peningkatan Matrikulasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah ( SPIP) Level 3 dan Kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) Level 3, se-Provinsi Jawa Barat digelar di Kantor Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan

    BANDUNG -  Acara Bincang Pagi dengan Tema Peningkatan Matrikulasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah ( SPIP)  Level 3 dan Kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) Level 3, se-Provinsi Jawa Barat digelar di Kantor Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Jawa Barat, Jl. Raya Cibeureum No. 50, Bandung, Senin (19/03). 

    Acara ini diawali dengan sambutan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Barat Imam Achmad Nugraha yang menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sebagai evaluasi dalam meningkatkan maturitas SPIP dan kapabilitas APIP diseluruh Pemda se-Provinsi Jawa Barat.

    "Maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk melakukan percepatan Peningkatan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Level 3 (Skala 1-5) dan Kapabilitas Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) Level 3 (skala 1-5) Pemda se-Provinsi Jawa Barat" terangnya.

    Imam Achmad Nugraha juga menambahkan sampai dengan saat ini baru tujuh yang hasil penilaian secara mandiri (self assesment) yang berada di level 3, 2 diantaranya sedang proses review BPKP Pewakilan Jabar, menurutnya setelah hasil review dinilai masuk level 3, selanjutnya di quality Assurance (QA) oleh BPKP Pusat untuk memastikan Pemda tersebut bisa diterima atau tidak mendapat penilaian leveling SPIP tersebut. 

    Kegiatan ini juga menghadirkan pembicara Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan Kepala BPKP Pusat Ardan Adiperdana dengan peserta audiensi yang hadir sebanyak 21 Kepala Daerah dan seluruh Inspektur Daerah se-Provinsi Jabar.

    Kegiatan Penyelenggaraan SPIP yang telah dilaksanakan diwilayah Provinsi Jawa Barat sampai dengan bulan Februari 2018 lalu, menunjukkan hasil evaluasi penyelenggaraan SPIP pada Pemerintah Provinsi dan 27 Kota/Kab di wilayah Prov Jabar mendapatkan skor baseline Level 1 (rintisan) terapat 25 Pemerintah Daerah Kota Kabupaten, sementara untuk skor bestline di Level 2 (berkembang) didapatkan oleh Kabupaten Kuningan, Kabupaten Sukabumi, selanjutnya untuk Level 3 (terdefinisi) yang mendapat baseline adalah Kota Bekasi.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus