Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    BPS Melakukan Vidcon Data Sektoral dengan Seluruh Kadiskominfo

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_27999.JPG
    BANDUNG – Bertempat di Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Jabar, Kadiskominfo Jabar Hening Widiatmoko dan Kepala BPS Jabar Dody Herlando melakukan Video Conference (Vidcon) dengan Kepala BPS Pusat.

    BANDUNG – Bertempat di Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Jabar, Kadiskominfo Jabar Hening Widiatmoko dan Kepala BPS Jabar Dody Herlando melakukan Video Conference (Vidcon) dengan Kepala BPS Pusat. Hal yang sama juga dilakukan dengan daerah lain di seluruh Indonesia.

    Hening mengatakan, vidcon ini memberikan pencerahan kepada seluruh Diskominfo di Indonesia termasuk Jabar untuk melaksanakan tugas baru, yakni membuat data sektoral. Meski diakui olehnya jika masih ada kendala dalam teknis pelaksanaannya.

    “Sekarang masa transisi, terutama pengalihan kelola dari Bappeda ke Diskominfo. Di sisi lain anggaran masih ada di Bappeda, jadi masih belum sinkron,” ujarnya saat berbincang dengan Kepala BPS Pusat Suhariyanto, Rabu (4/4/2018).

    Ia berharap BPS Pusat dapat membuat rekomendasi kepada Gubernur untuk menganggarkan statistik data ke Diskominfo. Ia juga berharap agar kegiatan vidcon ini dapat terus dilakukan, agar terjadi koordinasi berjenjang antara Diskominfo dengan BPS.

    “Berharap vidcon ini tetap dilakukan untuk kordinasi selanjutnya,” kata dia.
     
    Menanggapi hal itu, Suhariyanto mengatakan akan menyelesaikan sejumlah masalah secepatnya, seperti  Menetapkan Perka Norma, Standar, Prosedur dan Kriteria (NSPK), nomenklatur, tata kelola hubungan BPS dg dinas di daerah, Mendorong Kemendagri menyelesaikan penataan kelembagaan, dan Mendorong Kemendagri pembentukan/penguatan Forum Satu Data.

    “Kami tidak bisa membuat surat ke Gubernur, sebab lintas. Tapi kami akan membahasnya dengan Kemendagri untuk mencari jalan keluarnya,” kata dia.

    Ia juga mengatakan akan membuat modul terkait teknis statistik sektoral, dengan bahan yang mudah dipahami, mengingat persoalan statistik sektoral ini merupakan hal baru di lingkungan Diskominfo.

    Kepala BPS Jabar Dody Herlando menambahkan, sebagai organisasi baru tentunya masih banyak tantangan yang harus diselesaikan, namun hal itu bisa dilakukan jika terjalin koordinasi yang baik antara Diskominfo dengan BPS.

    “Harus ada komunikasi, sektor mana saja yang prioritas untuk didata, untuk keperluan apa, apakah LKPJ, Musrenbang atau apa. Ini yang harus dibicarakan lebih lanjut,” tegasnya.

    Ia juga berharap data yang nantinya dibuat tidak berbeda dengan data dari BPS, demikian juga data dari kabupaten dan kota harus saling melengkapi. (Jo/py)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus