Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Aher: Pendekatan Budaya Lebih Mengena Rekatkan Jawa-Sunda

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_28217.jpg

    BANDUNG - Upaya rekonsiliasi etnis Jawa dan Sunda akan lebih mengena dengan jalur atau pendekatan budaya. Hal itu dikemukakan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan dalam sambutan pembukaan acara Harmoni Budaya Jawa Sunda di Gedung Sate, Jum'at pagi (11/5/2018). 

    "Rupanya pendekatan budaya adalah paling pas dan paling efektif dalam merekatkan kembali persaudaraan etnis Sunda dan Jawa, yang bertahun-tahun secara psikologis terganggu karena peristiwa perang Bubat di masa lalu" ujarnya.

    Oleh karena itu menurut Aher, upaya pagelaran bersama dengan menampilkan budaya dan kesenian masing-masing akan terus diupayakan oleh ketiga daerah yaitu Jawa Barat, DIY dan Jawa Timur.

    "Terimakasih kepada Sultan Jogja Sri Sultan Hamengkubuwono sepuluh yang telah menginisiasi rekonailiasi ini tahun lalu, dengan menggelar pertemuan pertama anatara budayawan Sunda dan Jawa, kemudian meresmikan nama jalan Prabu Siliwangi dan Jalan Padjadjaran di Yogya" katanya.

    Aksi itu menurut Aher dilanjutkan di Surabaya demgan kegiatan yang sama yaitu peresmian nama jalan Siliwangi dan jalan Sunda di Kota Surabaya.

    "Dan hari ini giliran Jawa Barat melakukan hal yang sama menundang tokoh budayawan Jawa dan pemerintahannya, kemudian meresmikan nama jalan Majapahit dan Hayam Wuruk" jelas Aher.

    Harmoni Budaya Jawa-Sunda digelar berbarengan kegiatan Coffee and Art Ngopi Saraosna yang berlangsung 11-12 Mei di sekitar Gedung Sate Jl. Diponegoro. Pada pembukaan Harmoni Budaya Jawa-Sunda dihadiri Gubernur Jawa Timur DR. Sukarwo dan Wakil Gubernur DIY Paduka Sri Pakualam X yang masing-masing juga menyampaikan sambutan. (Pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus