Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Venue Asian Games di Jabar Masih Butuh Penyempurnaan

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_28289.jpg

    BANDUNG-Menjelang Asian Games 2018 yang akan diselenggarakan Agustus 2018, sejumlah venue yang akan digunakan di Jawa Barat masih membutuhkan penyempurnaan, mulai dari perbaikan jalan, penyiapan traffic cone, sampai pemulihan kualitas air di Bendung Rentang.

    Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa, mengatakan dari hasil rapat ke-12 soal persiapan Asian Games 2018 di Jawa Barat, dinyatakan jalan sepanjang 4 kilometer di Kabupaten Subang untuk venue cabang olah raga sepeda gunung, harus diperbaiki dan membutuhkan dana.

    "Jalan desa sepanjang 4 kilometer masih harus diperbaiki dan Kabupaten Subang hanya bisa mengalokasikan Rp 600 juta. Kita rapatkan, dan solusi yang memungkinkan adalah melalui CSR," kata Iwa usai memimpin rapat koordinasi persiapan Asian Games di Gedung Sate, Jumat (18/5).

    Dikoordinasikan Dinas Binamarga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat, proposal yang juga memuat rencana anggaran yang dibuat Pemerintah Kabupaten Subang ini, tinggal diajukan kepada sejumlah perusahaan.

    Iwa mengatakan cabang olah raga balap sepeda dan road race pun masih membutuhkan 500 traffic cone. Pengadaan alat ini akan dilakukan dengan meminjam 500 traffic cone Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat.

    "Kita bisa manfaatkan traffic cone yang biasanya digunakan untuk mudik. Saat tes event, kita pakai dulu. Kemudian saat kebutuhan mudik dipakai dulu untuk mudik, dan saat pelaksanaan Asian Games bisa digunakan untuk pertandingan road race dan balap sepeda," katanya.

    Hal lainnya yang harus diurus, katanya, penyambungan instalasi listrik ke Stadion Wibawamukti di Kabupaten Bekasi. Iwa mengatakan akan mengkoordinasikan hal tersebut kepada Bupati Bekasi untuk menyelesaikan instalasi listrik. Jika sudah terpasang, renovasi perbaikan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dapat dilakukan.

    Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan serta Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, katanya, akan diminta juga untuk mengawasi produksi sampai distribusi makanan dan minuman untuk para atlet, official, dan penonton.

    "Jangan sampai atlet dan official kena diare. Termasuk makan jajanan untuk penonton, akan diawasi. Para pedagang di sekitar venue akan diperiksa kondisi makanannya, baik produksi maupun distribusi makanannya," katanya.

    Pemprov Jabar pun, katanya, akan melancarkan proses pembebasan pajak reklame dan pajak tontonan untuk Asian Games di Jawa Barat. Dengan demikian, berbagai bentuk reklame, branding, dan tiket akan bebas pajak.

    Setidaknya tujuh kabupaten kota di Jabar akan terlibat dalam Asian Games, di antaranya Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Subang, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, dan Kabupaten Bogor. (Pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus