Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Dana Haji Capai Rp. 105 Triliun

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_28302.jpg

    BANDUNG - Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) saat ini mengelola dana haji yang terkumpul dari calon jamaah haji senilai Rp. 105 Triliun.

    Plt. Kepala Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) Kemenag Anggito Abimanyu mengatakan sekitar 65 persen dana itu disimpan di bank penerima dana haji khususnya bank syariah, dan sekitar 35 persen dikelola dalam investasi yang menguntungkan.

    "Tahun ini investasi ditargetkan mampu memberikan imbal hasil sekitar Rp. 6,1 triliun rupiah. Investasi dari dana haji juga akan semakin diperbesar dimana hasilnya akan dikembalikan lagi ke jemaah haji termasuk jemaah tunggu," tegasnya di Bandung, Minggu malam (20/5).

    Ia menjelaskan dana tersebut akan menambah dana operasional haji dimana setiap tahunnya diperlukan dana operasional 12 triliun rupiah. Abimanyu menargetkan pada tahun 2022, dana imbal hasil investasi tersebut dapat menutupi seluruh biaya operasional haji. Dengan demikian, biaya haji akan lebih murah dimasa mendatang.

    Abimanyu menambahkan secara perlahan dana investasi akan ditingkatkan, dengan mengurangi dana haji yang ditabung di 31 bank penerima biaya haji. 

    "Harus maksimal 50 persen dana ditabungkan haji, sosialnya untuk diinvestasikan secara syariah dan harus untung ," tegasnya.

    Ia juga mengatakan, berencana menginvestasikan dana haji di Arab Saudi. Saat ini sudah ada sekitar lima proposal investasi yang akan dijajaki mulai tahun depan, seperti dibidang transportasi haji, penginapan haji, katering dan lain-lain. (Jo)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus