Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Awal Ramadhan Harga Bahan Pokok Terpantau Naik

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_28309.jpg

    BANDUNG - Memasuki bulan Ramadhan dan Idul Fitri, harga bahan makanan terpantau meningkat. Sejumlah upaya dilakukan untuk menekan kenaikan harga lebih lanjut hingga IdulFitri.

    Harga daging ayam terpantau mengalami peningkatan cukup tajam, berkisar antara Rp. 40.000 - Rp. 45.000 di sejumlah pasar tradisional di Jawa Barat (Jabar).

    Sementara itu seperti laporan  Bank Indonesia  Jabar, Sampai April 2018 inflasi Jawa Barat tercatat sebesar -0,04% (mtm) atau secara kumulatif Januari hingga April, inflasi Jawa Barat sudah mencapai 1,45% (ytd) dari target 3,5% plus minus satu.

    Selama 4 tahun terakhir, komoditas yang menyumbang inflasi pada bulan Ramadhan dan Idul Fitri antara lain daging ayam ras, bawang putih, bawang merah, telur ayam ras, beras, tarif angkutan, tarif kereta dan bahan bakar rumah tangga. 

    Untuk mengantisipasi adanya Ionjakan harga yang ekstrim dan berpengaruh terhadap inflasi, terdapat beberapa upaya yang dapat dilakukan, antara Iain operasi pasar murah, pengamanan stok oleh Bulog, pengawasan penerapan tarif batas atas dan bawah di terminal dan agen, himbauan forum ulama serta sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat.

    "Kami mengimbau masyarakat untuk belanja secukupnya sesuai kebutuhan, agar tidak mendorong kenaikan harga kebutuhan pokok," ujar Ismet Inono, Direktur/Kepala Grup Kantor Perwakilan BI Jabar, dikantornya, Selasa (22/5). (Jo)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus