Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Deklarasi Keterbukaan Informasi Peserta Pemilu 2019

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_28476.jpg

    BANDUNG-Bertempat di Menara Gedung Sate, Jumat (8/6), Komisi Informasi Publik (KIP) Jawa Barat (Jabar) bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jabar dan perwakilan partai politik menandatangani sebuah deklarasi keterbukaan informasi peserta pemilu.

    Ketua KIP Jabar Dan Satriana mengatakan bahwa keterbukaan informasi adalah keniscayaan. Sebagai badan publik, Partai Politik berperan dan bertanggung jawab atas terwujudnya budaya keterbukaan untuk kemajuan bangsa. 

    "Momentum Pemilihan Umum 2019 adalah gerbang bagi bangsa Indonesia dalam menapaki peradaban yang menjadikan keterbukaan informasi sebagai prasyarat utama," katanya. 

    Adapun isi deklarasi yang ditandatangani antara lain ;
    1. Menjadi pendorong utama dalam mengakselerasi pembangunan budaya politik di Indonesia dengan menjalankan amanah Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. 

    2. Mewujudkan penyelenggaraan Pemilihan Umum dengan prinsip Keterbukaan lnformasi Publik termasuk dalam aspek pengelolaan keuangan Partai Politik di setiap tingkatan struktur. 

    3. Mengedepankan prinsip transparansi, akuntabel, jujur dan adil dalam melaksanakan setiap tahapan Pemilihan Umum Legislatif dan Pemilihan Presiden.

    4. Mendorong semua kader Partai Politik yang mengemban jabatan publik untuk menerapkan Keterbukaan Informasi dalam setiap kebijakan demi mewujudkan partipasi rakyat dan mencerdaskan bangsa. 

    "Filosofi KIP adalah mendorong pemilu dan pilkada transparan dan akuntabel diterapkan. Jabar boleh berbangga, sebab sudah bentuk gugus kerja, KPU, Panwaslu, KPID dan KIP dalam mengawasi Pilgub 2014. Sekarang duduk bersama untuk kembali memperpanjang kerjasama, mendampingi penyelenggara Pilgub dan Pileg atau Pilpres 2019 untuk terapkan prinsip transparansi," tegas Dan Satriana.

    Hadir dalam deklarasi Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat, Wakil Ketua Bawaslu Jabar Wasikin dan dari Diskominfo Jabar. Jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus