Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Aher: Kepala Sekolah Miliki Peran Strategis Wujudkan Pendidikan Berkualitas

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_28523.jpg

    BANDUNG-Kepala sekolah memiliki peran strategis dalam mewujudkan sekolah yang berkualitas sehingga dibutuhkan komitmen bersama semua pihak guna mewujudkannya.

    Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengimbau kepada para kepala sekolah agar meningkatkan semangat dan motivasi serta senantiasa memperbaiki kualitas kinerja dan pelayanan terbaik kepada masyarakat dari waktu ke waktu. 

    "Kepala sekolah ini sangat menentukan dalam mewujudkan sekolah yang berkualitas. Oleh karena itu harus meningkatkan motivasi dan memperbaiki kualitas kinerja dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat," kata Gubernur Jabar Ahmad Heryawan usai Pelantikan Kepala Sekolah di Lingkungan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, di Aula Kantor Dinas Pendidikan Jawa Barat, Selasa (12/6/2018).

    Aher, sapaan Gubernur Jabar, menjelaskan bahwa pendidikan tentunya tidak terlepas dari tiga pilar kebijakan pendidikan, yakni Pemerataan dan perluasan akses pendidikan; Peningkatan mutu, relevansi, dan daya saing keluaran pendidikan; serta Penguatan tata kelola, akuntabilitas, dan citra publik pendidikan. 

    "Untuk mewujudkannya diperlukan pemeran utama dalam pendidikan yaitu Sumber Daya Manusia Pendidikan itu sendiri, antara lain kepala sekolah, guru, dan tenaga kependidikan," ujarnya

    Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2017 pasal 54 tentang tugas utama kepala sekolah, dijelaskan bahwa tugas kepala sekolah adalah melaksanakan tugas manajerial, pengembangan kewirausahaan, serta supervisi guru dan tenaga kependidikan. Dengan begitu kepala sekolah tidak lagi dibebani jam mengajar namun tetap mendapat tunjangan profesi dalam rangka melaksanakan tugas tersebut. 

    "Oleh karena itu, diperlukan kepala sekolah yang profesional dan mumpuni dalam mengelola sekolah," tegasnya

    Sementara itu dalam rangka membangun pendidikan secara optimal, Gubernur Jabar berharap kepada para Kepala Sekolah di Jawa Barat untuk dapat mengembangkan budaya dan tradisi ahlak mulia dan menjadi teladan bagi komunitas di sekolah, dapat mendayagunakan sumber daya sekolah secara optimal, serta mengelola perubahan dan pengembangan sekolah menuju organisasi pembelajaran yang efektif.

    "Selain itu, dapat menciptakan inovasi yang berguna bagi pengembangan sekolah, meningkatkan profesionalisme, serta mampu bekerjasama dengan pihak lain untuk kepentingan sekolah dan berpartisipasi dalam kegiatan sosial kemasyarakatan," pungkasnya (Pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus