Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Bupati Bandung: Citarum Semakin Tercemar

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/DSC_0301.JPG

    KAB. BANDUNG - Kondisi sungai Citarum yang mengaliri dari Kabupaten Bandung hingga Muaragembong Kabupaten Bekasi sepanjang 269 Km, semakin memprihatinkan. Limbah yang mencemari aliran sungai Citarum dinilai kian membahayakan kesehatan lingkungan. Padahal disisi lain, sungai tersebut berfungsi pula sebgai pemasok irigasi seluas 42.000 Ha mulai dari Kabupaten Bandung, Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Cianjur, Purwakarta, Karawang, Subang dan Indramayu.

    “Pencemaran di aliran sungai Citarum sudah sangat parah, airnya sekarang telah berubah menjadi hitam dan berbau” ucap Bupati Bandung H.Dadang Mochamad Naser,SH,Sip ketika melakukan dialog dengan ratusan warga Kecamatan Cicalengka di Mesjid Besar Cicalengka beberapa waktu lalu.

    Dialog dalam rangka kegiatan safari Ramadhan 1432 Hijriyah, diikuti pula Wakil Bupati Bandung Drs.H.Deden Rukman Rumaji, Sekretaris Daerah Ir.H.Sofian Nataprawira,MP serta puluhan pejabat lainnya.

    Pencemaran di Sungai Citarum kata Dadang Mochamad Naser salah satunya disebabkan oleh pembuangan limbah industri dan rumah tangga (domestik) seperti sampah.

    “Jangan saling menyalahkan, karena keduanya juga mempunyai kontribusi mencemari Sungai Citarum” ucapnya.
    Untuk memperjelas betapa rusaknya aliran Sungai Citarum, dalam dialog tersebut Bupati Dadang Mochamad Naser sengaja menayangkan film seputar pencemaran Sungai Citarum.

    Upaya pemerintah untuk menangani pencemaran tersebut, menurut Bupati Dadang Mochamad Naser telah dilakukan dengan berbagai langkah diantaranya, pengerukan Sungai Citarum, gerakan penanaman pohon diseputar hulu Sungai Citarum, serta bekerja dengan pihak kepolisian untuk penindakan terhadap industri yang dengan sengaja membuang limbahnya ke aliran Sungai Citarum.

    “Untuk itu, saya menghimbau stop mencemari Sungai Citarum, dan mari secara sabilulungan ikut menjaga kelestarian Citarum” himbaunya lagi.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus