Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Kemdikbud Dorong Perkembangan Seni Media

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_28689.jpg

    BANDUNG-Pemerintah melalui Direktorat Kesenian Subdit Seni Media mendorong perkembangan seni media di tanah air. 

    Hal tersebut dilakukan karena generasi muda atau yang lebih dikenal dengan generasi milenial setiap saat selalu berhubungan dengan teknologi, terutama hampir tidak pernah terlepas dari smartphone. Oleh karena itu, Kemdikbud mengimbau agar para seniman bisa memanfaatkan teknologi dalam menghasilkan karya seni. 

    Demikian diungkapkan Direktur Kesenian Kemdikbud RI, Restu Gunawan usai membuka Pameran Seni Media di Thee Huis Gallery, Taman Budaya, Bandung, Senin malam (2/7/2018). 

    Pemerintah juga memberikan perhatian khusus bagi perkembangan seni media terutama dalam pemanfaatan teknologi. Pasalnya, perubahan zaman menuntut para seniman untuk lebih meningkatkan kreativitasnya. 

    "Itu yang diharapkan bagaimana para seniman memanfaatkan teknologi saat ini," katanya.

    Selain itu, dengan memanfaatkan teknologi sebagai wahana berkesenian, kata Restu, seni media bisa menangkal berita negatif yang selama ini tersebar di media sosial (Medsos). 

    Dia menilai seni media, baik dalam bentuk film maupun animasi, merupakan salah satu bagian dari pendidikan. Untuk itu, pemanfaatan teknologi dalam berkesenian harus menjadi perhatian bersama. 

    "Saya kira bagaimana seniman merespon teknologi dalam berkreativitas," ujarnya. 

    Khusus seni media, Kemdikbud sudah merencanakan penyelenggaraan festival seni media baik tingkat nasional maupun internasional. Misalnya, akan menyelenggarankan festival internasional di Jakarta dengan melibatkan seniman kelas dunia. Sedangkan untuk tingkat nasional akan digelar pekan seni media di Palu pada Agustus 2018. Pemilihan lokasi tersebut karena minat generasi milenial akan seni media sangat tinggi.

    "Kita sudah memetakan penyelenggaran festifal seni media ini yang akan digelar di Bandung, Palu dan Riau," ujarnya. 

    Pemerintah juga mendorong para pelaku seni media untuk menggelar karya seninya di luar negeri. 

    "Hasil karya mereka merupakan bukti idealis, sehingga jarang untuk dikapitalisasi di dunia industri, tapi pemerintah akan tetap mendukung pertumbuhan seni media ini," pungkasnya. (Pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus